RPTRA Menara

 Tempat Wisata Asyik di Dekat Rumah yang Murah Meriah


RPTRA


Holaaaa...jangan bosan sama saya ya..

Saya update blog setiap hari karena lagi ikut seseruan #SatuHariSatuKaryaIIDN. Dan, meski agak ngos-ngosan, harus tetap semangat dong menuntaskan tantangan! Yuk mariiii..!😍

Untuk tema hari ini, saya pilih Tema Traveling (lagi hihihi..), dengan sub tema "Tempat Wisata Asyik di Dekat Rumah"

Hm..tema yang menggoda! Tapi, tunggu dulu..Memang wisata itu bukannya harus yang pakai moda, tertentu jaraknya, ada tulisan obyek wisata dan beberapa kriteria lainnya?

Enggaklah! 

Nih ya, berwisata menurut pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti "1.bepergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dsb); bertamasya; 2. piknik"

Tuh, enggak ada kan kalimat harus naik pesawat, musti ke Bali juga bawa ransel atau koper. Karena, asalkan tujuannya untuk bersenang-senang, nambah pengetahuan dan p i k n i k... Itu namanya sudah berwisata. Jadi, jauh dekat bukanlah ukurannya!

Nah, karena itulah, saya pastinya juga pernah mengajak anak-anak berwisata di dekat rumah. Sehingga mereka enggak hanya tahu yang jauh-jauh seperti pulang kampung ke Kediri dan Madiun atau ke luar negeri saat ada rejeki. Jangan sampai yang jauh saja sudah, eh malah belum yang di dekat rumah...kwkwkw

Oh ya, tempat tinggal saya di Jakarta Barat punya banyaaak sekali tempat tujuan wisata. Tempat yang murah meriah (tanpa ada retribusi sama sekali) adalah taman kota atau RTH(Ruang Terbuka Hijau) dan RPTRA(Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Keduanya booming sejak diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaya Purnama. 

Diantaranya, saya sudah pernah mengunjungi Taman Cattleya, sebuah taman lama yang konsepnya diperbarui dan RPTRA Kalijodo yang terkenal seantero Indonesia.

Sayangnya untuk menuju kedua tempat itu, saya masih perlu naik kendaraan. Jadi sebenarnya enggak dekat banget juga, kan?

Nah, beberapa bulan ini ada yang lebih dekat lagi dari rumah saya. Sebuah RPTRA yang berkonsep sama dengan Kalijodo meski dengan lahan yang lebih kecil yaitu 1500 meter persegi.

Namanya: RPTRA Menara

[Namanya unik ya? Tapi, mengapa Menara?] 

Karena letaknya di Jalan Menara RT 1/RW 5, Meruya Selatan, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11650

Dinamai Jalan Menara karena di sana ada sebuah menara milik salah satu stasiun TV ternama.

Dan, meski saya bukan termasuk warga kelurahan Meruya Selatan(saya warga Joglo-kelurahan sebelahnya), lokasi RPTRA ini lebih dekat dijangkau dari rumah saya. Jaraknya cukup dengan jalan kaki atau naik motor jika sekalian ke arah anak-anak sekolah.

Letaknya sendiri di pinggir jalan raya sehingga memudahkan aksesnya. Motor bisa parkir berjejer di depan pintu masuk (terletak di sisi jalan yang satunya, bukan jalan raya) dan tersedia pula parkiran sepeda di bagian dalam area.

Meruya Selatan

Begitu memasuki sisi kiri pintu akan kita dapati area bermain anak-anak yang dilengkapi rak untuk meletakkan alas kaki. Pengunjung memang diharuskan melepas alas kaki untuk bermain di area bermain ini. Juga, tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman saat memasukinya. Semua untuk menjaga kebersihan area.


Di area bermain ini, ada seluncuran, ayunan dan mainan goyangan tooter. Karena masih baru, mainannya masih bersih dan mengkilap catnya. Bagian lantainya juga dilapisi bahan empuk sehingga aman bagi balita yang bermain di sana. 

Oh ya, di sekeliling area ada jalan setapak yang bersih dan rapi. Juga dilengkapi beberapa tanaman hias yang mayoritas belum seberapa tinggi. Maklumlah, tempat ini baru diresmikan pada bulan Oktober 2017 lalu oleh Gubernur DKI saat itu, Djarot Syaiful Hidayat, bersama beberapa RPTRA lainnya di sekitar Jakarta.

RPTRA

Lalu, menuju ke sisi kanan, ada sebuah lapangan futsal yang dilengkapi tempat duduk untuk penonton. Terlihat beberapa anak semangat bermain bersama dan saling mengoper bola. Seruuuu!

RPTRA

Mengarah ke sisi paling kanan ada bangunan memanjang dengan ruang-ruang yang tertera nama di bagian pintunya. Yang pertama ada Pantry yang dilengkapi peralatan memasak sederhana untuk pengelola. Memang di RPTRA ini akan selalu ada petugas jaga yang bertugas bergantian selama jam operasional yaitu dari pukul 5 pagi sampai 10 malam.

RPTRA

Di sebelah Pantry tadi, ada ruang pertemuan luas/aula terbuka yang bisa dipakai untuk kegiatan warga. Dimana kegitan rutin yang telah ada diantaranya senam Ibu-Ibu PKK tiap hari Sabtu sore dan Minggu pagi.

RPTRA

Sementara, di sisi aula ada sebuah ruangan kecil berukuran 3x4 meter yang berpapan nama Perpustakaan. Di dalamnya ada dua rak buku rapi beserta beberapa mainan yang terpajang. Ada seorang petugas jaga yang membersamai dan membacakan buku cerita pada beberapa anak di sana.

Koleksi buku yang tersedia bukan sembarangan melainkan buku-buku bermutu karya penulis cerita anak baik dari Nusantara maupun Mancanegara. Sehingga anak-anak pun terlihat antusias membacanya. Senang sekali saya melihatnya..!

RPTRA

Di deretan yang sama dengan Perpustakaan ada Ruang Pengelola yang dijaga satu petugas yang bertanggung jawab akan RPTRA Menara. Di sampingnya ada ruangan PKK Mart yang menjajakan hasil UKM di Kelurahan Meruya Selatan. Ada beberapa bros cantik, tudung saji unik, makanan ringan, coklat, es krim, tas decoupage,...Dengan harga berkisar antara 5-50 ribu rupiah. Muraaah!

Semua handmade by Ibu-Ibu PKK setempat. Diantaranya ada produk Kellor, makanan ringan yang dimix dengan daun kelor yang lagi naik daun itu...Ketjeeee dan kreatif! 

RPTRA

Di depan PKK Mart ini ada area refleksi kaki yang disediakan bagi pengunjung yang ingin melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan agar tetap prima dan membantu mengurangi rasa sakit dan kelelahan.

RPTRA

Sementara menyatu dengan PKK Mart, di sisi belakang, ada Ruang Laktasi yang dikhususkan untuk ibu dan bayi. Wah,..lengkapnya..!

Selain itu, RPTRA Menara juga dilengkapi beberapa tempat sampah di tiap sudutnya agar lingkungan sekitar tetap terjaga. Juga beberapa petunjuk dan peringatan agar pengunjung ikut menjaga kebersihan dan merawat taman.

RPTRA

Nah, enggak perlu jauh-jauh melangkah. Juga enggak usah pusing ngitung biaya wisata biar jatuhnya murah. Cukup langkahkan kaki saja sudah bisa berwisata. Dan, sekalian bela-beli untuk ikut memajukan UKM di sekitar rumah saya!

Apalagi kini di sekitar RPTRA Menara ada beberapa pedagang kaki lima yang memanjakan pengguna dengan makanan/minuman yang menggoda. Atau sekalian bisa beli bunga-bunga/tanaman hias yang dijual di banyak lapak di sekitar area. Ah, ternyata memang berwisata enggak perlu mikir jaraknya yaaaa...

Hei..kamu...yuk keluarlah... cari tempat wisata asyik di dekat rumah!😍

Buat yang di Jakarta hampir di tiap kelurahan ada RPTRA yaaa..Malah ada yang punya 2 atau 3 RPTRA!

Untuk yang di daerah banyak: taman kota, gua, pantai, sungai.....

Selamat Berwisata!
RPTRA
Pulang bawa tentengan!😀

RPTRA
Enak-enak..Murah lagi!



Happy Traveling Happy Blogging


Dian Restu Agustina

#SatuHariSatuKaryaIIDN
#Harike6
#TemaTraveling
#TempatWisataAsyikdiDekatRumah

Comments

  1. Wah, kapan-kapan dolan ke sana aaahh...

    ReplyDelete
  2. Ada refleksinya, sakit sakit enak itu. Paling favorit tuh kalo ada taman yang ada fasilitas refleksinya. Anak senang Mama hepi. Tetep pake kaos kaki tapinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..ini kecil tapi komplit..dekeeeet lagi Mak makin hepi:D

      Delete
  3. Ini udah lengkap, mba
    Dekat tempat tinggalku dari awal belum siap pakai tp antusias warganya jd dibuka lbh awal. Dan sampai skrang RPTRA masih byk yg belum dilengkapi sana sini. Maklum dekat bgt dg kampung padat penduduk namanya RPtra pandawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..kalau ini pas dibuka sudah lengkap Mbak:)

      Delete
  4. Seru banget ya, Mbak Di. Hiburannya dapet, ilmunya dapet, kenyangnya dapet...

    Tempat yang pas banget untuk ndidik anak-anak usia dini belajar mengenal lingkungan sekitarnya. Dibiasakan dari kecil untuk main-mainnya ke taman saja, jangan terlalu sering ke Mall, biar selaras dengan isi dompet ayah ibunya, haha :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul..secara tanggal tua yaaak..Jadi yang dekat dan murah meriah saja wisatanya hahaha

      Ini komplit lho..anak senang, ibuk apalagi...:D

      Delete
  5. Enak juga yaa kalau di setiap kelurahan tersedia RPTRA, tapi kayaknya fasilitas semacam ini belum ada di setiap sudut kota Jakarta ya mba. Fasilitas publik seperti ini perlu diperbanyak supaya anak-anak zaman sekarang bisa berkreasi dengan leluasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya MBak..makanya di keluarahan yang padat penduduk butuh lebih dari satu. Sementara tinggal beberapa yang belum punya. Untuk Jakarta Barat infonya semua kelurahan sudah ada RPTRA

      Delete
  6. Coba di Citeureup ada taman kota begini.. Pasti asyik banget

    ReplyDelete
  7. tempat ginian nih yang aku inginkan ada di kotaku, suka iri lihatnya

    ReplyDelete
  8. Bener mba, wisata itu sbnrnya bisa di mana aja, ga hrs yg jauh yaa. Dulu pas SD, aku malah seringnya wisata di blkang rumah. Piknik ato diriin tenda ama temen2 .. Udh happy luar biasa banget kita :) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..di rumah bisa juga ya, yang penting hepi :)

      Delete
  9. Saya sependapat dng Mbak, wisata itu bkn berarti harus pakai pesawat ke tempat yg membuat kita senang, pakai perahu juga boleh. :)

    Wisata dekat rumah malah tambah lebih aman dompet kita, dan ada wisata yang lebih murah lagi mbak, wisata ke GOogle, tpi cuma liat2 doang sich,,,heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi..benar juga ini...Wisata di Google saja..

      Delete
  10. iya yang penting bisa happy itu udah wisata
    apalagi banytak taman2 bagus di setiap kota sekarang
    deket rumah tambah asyik
    hemat lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak taman sekarang..jadi ada solusi wisata hemat :)

      Delete
  11. Wah, keren ya kalo di tiap kelurahan dah ada RPTRA kayak gitu. Dan isi didalamnya ternyata keren, pemberdayaan masyarakat banget. Dan betul itu, Mbak: berwisata ga harus yang jauh. Jadi inspirasi buat saya nih agar kapan2 juga me-review taman-taman terbuka untuk keluarga yang ada di kota Malang. Selama vakum ngeblog, saya jalan2 tok ke taman2 itu tanpa mendokumentasikannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak..diceritain di blog...Siapa tahu ada yang belum tahu. Juga bisa jadi wawasan buat yang lainnya:)

      Delete
  12. mbak Dian salam kenal. Aku dan keluarga selalu senang main di RPTRA di manapun. Biarpun jenis mainannya sama: prosotan, ayunan, jungkat jungkit, teteeeep anak2 selalu girang saban diajak ke RPTRA. Hati selalu adem kalo main ke RPTRA karena rata2 terawat dan selalu ada petugas yang siap siaga ngawasin ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAlam kenal Mbak...saya juga suka ajak anak-anak ke RPTRA dan taman kota...murah meriah dan menyenangkan :)

      Delete
  13. Mau dong mbak diajakin..halan-halan mulu nih, Mbak Dian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk..ini tinggal jalan kaki kok dari rumah Mbak :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog