Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Jenis Kaca yang Tepat untuk Projek Bangunan

Guys, jaman sekarang, perkembangan teknologi kaca untuk konstruksi bangunan sudah sangat pesat. Yup, ada berbagai jenis kaca yang bisa digunakan untuk proyek arsitektur bangunan. Meski faktanya, di pasaran juga ditawarkan berbagai jenis produk satu tipe sehingga kita menjadi semakin bingung saja.

Well, banyak sekali bisnis yang menjual berbagai jenis kaca, sebagai contoh adalah layanan kaca tempered bekasi, dengan produk andalan aneka jenis kaca dan lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas mengenai pemilihan jenis kaca yang tepat untuk proyek bangunan dan arsitektur. Yang mana ada beberapa variabel yang akan menentukan pemilihan seperti prioritas, juga berbagai pertimbangan lainnya.

Dengan mengetahui bagaimana dan kenapa memilih jenis kaca untuk proyek kamu akan memaksimalkan hasil terbaik untuk klienmu ataupun untuk penggunaan pribadi nanti.

Oke, langsung saja yuk kita bahas satu persatu tips dan trik menarik seputar bangunan ini!

Cara Memilih Jenis Kaca yang Tepat Untuk Projek Bangunan

Dasar Pemilihan: Ukuran dan Jenis Kaca


Well Guys, jika dilihat dari dasarnya, panel kaca sendiri memiliki ukuran yang cukup umum atau standar yaitu 2,5 x 3,6 meter. Dimulai dari ukuran ini, panel kaca kemudian bisa dipotong dan disesuaikan dengan kebutuhan proyek kamu.

Selain itu dari segi warna, biasanya kaca tidak memiliki warna khusus alias bening atau transparan, namun ada beberapa jenis seperti kaca tempered yang memiliki penambahan fitur kekuatan.

Oia, untuk penjual kaca yang lengkap biasanya juga menyediakan ukuran jumbo atau besar dengan ukuran 5 x 3 meter, sebagai alternatif pilihan. Ditambah lagi untuk ukuran besar lain juga tersedia sampai 6 x 3.3 meter, walaupun di Indonesia juga sangat jarang dan sulit untuk didapatkan.

Nah, ukuran kaca yang sampai di ukuran 4,5 meter dan tinggi 2,5 meter ini biasanya disebut dengan monumental glass atau kaca hias.

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Kaca Terbaik Untuk Proyek Arsitektur dan Bangunan?


Pertama, kamu perlu memahami kebutuhan dari proyek yang sedang dikerjakan. Nantinya, kamu butuh list kebutuhan ini untuk memenuhi target karakteristik pembangunan. Selain itu biasanya pemilihan jenis kaca juga dipengaruhi dengan budget yang tersedia. Biasanya juga, pemilihan kaca untuk projek ini bisa dikategorikan per ruangan, per bangunan, dan sebagainya.

Pastikan untuk memperhatikan keadaan di sekitar proyek seperti kondisi lingkungan, apakah terdapat sinar matahari yang banyak, hal ini juga bisa menjadi pertimbangan ketika memilih jenis kaca terbaik.

Pentingnya Kaca Panel Ganda

Next, sebelum menyelam lebih dalam dengan jenis kaca yang cukup spesifik, mari kita berkenalan dulu dengan kaca panel ganda. Kaca jenis ini adalah sebuah kaca yang populer digunakan. Selain sangat efisien bisa digunakan di hampir semua projek, kaca panel ganda juga memiliki kelebihan seperti melindungi sinar panas matahari lebih efektif dan efisien.

Sebagai alternatif lain mungkin kamu juga ingin melihat atau mempertimbangkan kaca tempered. Kaca tempered sendiri memiliki keamanan yang lebih dibandingkan dengan kaca konvensional karena dibuat dengan proses yang cukup panjang. Kaca tempered ini jika pecah tidak akan terbelah menjadi kepingan yang tajam, sehingga faktor keamanan dan keselamatan pasti akan tercapai.

Pertimbangan Regulasi

Oia, pada setiap proyek pembangunan pasti ada sebuah panduan regulasi yang harus dipenuhi. Setiap produsen kaca juga pastinya atau seharusnya memenuhi standar regulasi minimal untuk keamanan dan juga keselamatan.

Pastikan juga untuk berkonsulitasi dengan berbagai pihak sebelum menentukan jenis kaca mana yang bisa digunakan untuk mencapai kualitas terbaik. Dengan, pertimbangan regulasi ini tentu kamu akan merasa lebih aman, dan jika dirimu bekerja untuk klien, maka klien akan menjadi lebih percaya dengan kamu.

Sedikit pembahasan seputar regulasi yang ada di Eropa dan US karena memang akses regulasi mereka sangat mudah untuk didapatkan. Setiap proyek sendiri harus memastikan kualitas dari spesifikasi produk kaca yang dipilih. Pada intinya kamu berhak untuk memilih jenis kaca dengan melakukan review terlebih dahulu apakah produk aman dan sesuai standar.

Keselamatan dan Keamanan Adalah Hal Utama


Ini juga berlaku saat pengerjaan proyek dimana harus selalu menggunakan alat safety. Kita tahu bahwa memang investasi untuk alat safety tidaklah murah, tapi investasi dalam jangka panjang juga akan memberikan kamu keuntungan. Ada banyak pilihan harga helm safety yang sesuai dengan budget kok. Jadi pastikan untuk selalu memastikan proyek berjalan berdasarkan asa keselamatan dan keselamatan kerja yaaa...

Selain itu dalam cara memilih jenis kaca ini juga harus memperhatikan fungsi dari gedung untuk menentukan keamanan. Misalnya, kaca untuk pintu akan lebih baik menggunakan jenis kaca yang kuat seperti sudah kita bahas menggunakan kaca tempered atau kaca panel ganda.

Kesimpulan


Sebenarnya memilih jenis kaca untuk proyek arsitektur dan juga bangunan cukuplah mudah karena tentu semua pertimbangan dimulai dari tujuan proyek kamu kemudian dilanjutkan dengan faktor keamanan. 

Nah, bagaimana? Apakah dirimu sudah mempertimbangkan beberapa hal di atas? Selamat mencoba!💗


Happy Sharing

Dian Restu Agustina



Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

8 komentar untuk "Cara Memilih Jenis Kaca yang Tepat untuk Projek Bangunan "

  1. Nah ini ya, ternyata pilihan kaca juga ada. Soalnya kadang cukup bertanya-tanya dengan desain muka rumah yang kacanya sangat terekspos oleh matahari. Benar-benar atapnya itu tidak menutupi kaca rumah. Dalam dunia arsitek, ini sudah ada pertimbangannya kali ya.

    BalasHapus
  2. jadi teringat dengan kaca anti peluru deh. Apalagi kalau sudah melihat kaca ini memang kudu hati-hati walaupun hasilnya keren menurut saya. Eh, di sini juga tersedia ya untuk safety handnya.

    BalasHapus
  3. Ternyata jenis kaca pun macam-macam ya. Aku baru tahu lo mbak. Selama ini tahunya cuma kaca yang bisa dilihat oleh orang dari luar, sama yang nggak bisa. Tapi memang kalau ngomongin rumah, harus banyak hal yang diperhatikan ya biar desain rumahnya kece dan nyaman.

    BalasHapus
  4. Bicara soal kaca ini, entah kenapa pikiran membawa saya ke series Squid Game, yang adegan lompat di atas kaca itu. Terima kasih, Kak, sudah menambah pengetahuan dari segi perproyekan dan arsitektur. Saya baru tahu soal ini: Kaca tempered ini jika pecah tidak akan terbelah menjadi kepingan yang tajam, istilah kaca tempered pun baru tahu. Kalau ada contoh gambarnya, akan lebih membuat saya mengerti ehehe.

    BalasHapus
  5. Untuk rumah pribadi yang disekat pake kaca gitu kak Dian , rasanya mewah banget ya. Aku punya impian, kamar tidur full kaca dindingnya dengan tutupan horden saja. Hihihi. Itu harus pilih kaca yang safety nya double ya.

    BalasHapus
  6. Wah jadi pengetahuan ini buat aku soalnya selama ini taunya bangunan itu bagus aja gitu kalau dipasang kaca . Ternyata ada jenis2 kaca ya..noted deh mbak

    BalasHapus
  7. baru tahu ternyata kaca juga ada jenisnya ya, hehe.. jadi penasaran gitu pengen liat langsung jenis-jenis kaca biar tahu perbedaan nyatanya hihi

    BalasHapus
  8. Milih kaca untuk bangunan aja nggak boleh ngasal....jadi inget kaca jendela yang di gedung tua semarang...kaca buatan belanda jela sekali kekuatannya...coba aja ilmu orang belanda diterapkan di pengerjaan kaca dalam negri

    BalasHapus