Tentang Layanan Garda Edu Asuransi Pendidikan

Pendidikan anak merupakan prioritas utama bagi orang tua. Adalah kewajiban bagi mereka, memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. Yess, tiap anak layak mendapatkan pendidikan. Tak hanya itu, mereka juga berhak terhindar dari risiko termasuk risiko kecelakaan selama menempuh pendidikannya. Nah, dengan layanan asuransi pendidikan Garda Edu, maka tiap keluarga sekarang dapat menjamin keamanan dan pendidikan anak-anak mereka. Lalu, apa saja layanan Garda Edu itu?

Well, layanan asuransi Garda Edu, membuat kita bisa melindungi putra-putri tercinta dengan jaminan kesehatan, keselamatan, dan santunan pendidikan. Selain itu dengan asuransi Garda Edu, maka kita akan menikmati berbagai layanan dan jaminan dari asuransi Garda Me. 

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi tentang layanan Garda Edu dengan berbagai keunggulannya berikut ini!


Garda Edu


Layanan Garda Edu, Asuransi Pendidikan 


Oh ya sebelumnya, teman-teman pernah kan mendengar berita duka, seorang laki-laki berpulang saat masih muda usia. Sementara anak-anaknya masih di usia sekolah sedangkan istrinya tidak memiliki penghasilan sendiri? 

Nah, di sinilah peran asuransi berfungsi memberikan perlindungan pada keluarga yang ditinggalkan termasuk kelanjutan pendidikan anak-anaknya. Sehingga paling tidak akan ada jaminan untuk kelangsungan hidup mereka.

Seperti Asuransi Pendidikan Garda Edu yang memberikan jaminan keselamatan dan jaminan kesehatan yang berkenaan dengan pendidikan anak. Mulai dari santunan pendidikan untuk anak, tunjangan meninggal dunia atau kecelakaan yang menyebabkan cacat, tunjangan rumah sakit, hingga tunjangan kehilangan pendapatan. 

Wah, lengkap ya?

Yup, dan untuk informasi selengkapnya, berikut ini berbagai layanan asuransi dari Garda Edu:


1. Santunan untuk pendidikan anak

Santunan biaya untuk pendidikan anak akan diberikan ketika orang tua yang memiliki jaminan asuransi Garda Me meninggal dunia dikarenakan kecelakaan. Sehingga dengan adanya asuransi Garda Edu, jaminan pendidikan anak akan lebih terjamin. 

Well, kita enggak mau kan, kalau terjadi sesuatu, pendidikan anak-anak jadi terganggu? Maka amankan selalu pendidikan putra-putri tercinta untuk masa depan mereka yang lebih cerah.


2. Santunan kehilangan pendapatan

Jika orang tua mengalami kecelakaan, kemudian setelah kejadian akan kehilangan pendapatan, dikarenakan cacat keseluruhan ataupun absen, maka kita akan mendapatkan santunan akibat dari kehilangan pendapatan itu. Dengan begitu, anggaran pendapatan yang kita rencanakan untuk pendidikan anak akan aman.


3. Santunan meninggal dunia atau cacat permanen

Apabila orang tua mengalami kecelakaan yang menyebabkan cacat permanen, atau hingga meninggal dunia, maka yang tertinggal akan mendapatkan santunan meninggal dunia atau santunan cacat permanen. Sehingga, kita tidak perlu khawatir anak akan kehilangan kesempatan melanjutkan pendidikan dikarenakan musibah yang menimpa orang tuanya.


4. Santunan biaya rawat inap rumah sakit

Jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan orang tua dirawat inap di rumah sakit, maka akan mendapatkan santunan. Santunan rawat inap rumah sakit ini maksimal jangka waktunya 5 hari. Dengan adanya santunan ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih dan memotong anggaran pendidikan untuk anak. 


Nah, itu dia informasi tentang layanan Garda Edu, asuransi pendidikan anak dengan banyak jaminan yang bisa memberi kita dan keluarga keselamatan. Juga memberikan anak-anak jaminan untuk mendapatkan pendidikan yang layak didapatkan. 

Apalagi, layanan Garda Edu juga terjangkau lho dengan harga polis mulai dari Rp 100.000 per tahunnya. Sedangkan untuk jaminan dan ketentuan akan sesuai dengan polis asuransi yang kita pilih nantinya. 

Oh ya, Garda Edu adalah bagian dari Garda Oto yang dikelola oleh Asuransi Astra yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Jadi, pastikan pendidikan anak tetap terlindungi dari risiko kecelakaan diri yang terjadi!

Semoga info ini bermanfaat dan tetap semangat!๐Ÿ’–



"a good education is a foundation for a better future"

signature-fonts

Ini Dia Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Bikin Cepat Sembuh!

Obat sakit gigi paling ampuh adalah obat yang paling dicari para penderita sakit gigi. Sakit yang terlihat sepele tapi kalau sudah kambuh rasanyaaa tuh nyut-nyutan warbiyasa. Duh!

Ya, sakit gigi bisa bikin kepala rasanya berdenyut, gusi senat-senut, dan rasa nyeri di sekitar mulut!

Untuk mengatasi hal ini segera datangi dokter gigi secepatnya. Sementara, untuk meredakan gejalanya, gunakan obat rumahan yang dapat meringankan dengan segera.


obat sakit gigi


Yess, obat sakit gigi paling ampuh ternyata ada di dapur kita. Bisa jadi pertolongan pertama saat timbul gejala, syukur-syukur sembuh sakit giginya. Apalagi hari gini, saat pandemi masih wara-wiri, mau ke dokter gigi kok rasanya masih ngeriii. Maka, mencoba menggunakan obat rumahan bisa jadi solusi! 

Tapiiii, sebelumnya kita ulik dulu yuk perihal sakit gigi ini. 

Apa benar sih seperti kata penyanyi lawas Meggy Z "Daripada sakit hati lebih baik sakit gigi?" 

Tentang Gigi dan Sakit Gigi

Well, sakit gigi bisa disebabkan adanya masalah pada saraf di akar gigi atau terjadi iritasi di sekitar gigi. Sedangkan penyebab paling umum dari nyeri gigi adalah infeksi, pembusukan, cedera, atau kehilangan gigi.

Sementara, nyeri terkadang berasal dari daerah lain yang menyebar ke rahang, sehingga muncul rasa sakit pada gigi. Tak hanya itu, bakteri yang tumbuh di dalam mulut juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang.

Memang, saat membicarakan masalah kesehatan gigi, biasanya fokus kita ada pada masalah gigi semata. Padahal selain gigi, gusi juga memegang peranan yang penting dalam hal kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Nah, untuk mencegah agar tak timbul masalah pada gigi dan gusi kita, berikut tujuh tips ini yang bisa membantunya:

  1. Sikat gigi minimal dua kali sehari dengan cara yang benar. 
  2. Bersihkan gigi dengan benang halus (dental floss) setiap hari untuk hasil optimal
  3. Makan makanan bergizi terutama vitamin C dan kalsium untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi
  4. Minum cukup air setelah makan untuk membantu membersihkan sisa makanan pada gigi dan gusi
  5. Berhenti merokok karena merokok tidak baik untuk kesehatan gigi dan gusi Anda.
  6. Hindari makanan yang terlalu panas dan dingin karena dapat merusak kesehatan gigi dan gusi 
  7. Kelola stres karena stres, akan memicu timbulnya penyakit termasuk gigi dan gusi

Well, tingkat keparahan sakit gigi memang sangat beragam, mulai dari nyeri yang ringan dan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, hingga nyeri yang parah dan tak tertahankan. Rasa nyerinya sendiri dapat terasa berdenyut atau seperti ditusuk-tusuk. Dan tak hanya rasa nyeri, sakit gigi dapat disertai dengan pembengkakan pada gusi, sakit kepala, dan demam. 

Sebaiknya, segera temui dokter bila sakit gigi yang  dialami sudah dirasa parah. Namun sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit gigi di rumah.

Apa saja?

Obat Sakit Gigi Paling Ampuh


Nah, berikut beberapa cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan guna meredakan gejala sakit gigi yang datang tanpa diundang:


Berkumur dengan Air Garam

Ini resep jadoel sih ya...Saya ingat sekali, saat kecil sakit gigi, Ibu menyiapkan 1- 2 sendok makan garam dapur, lalu melarutkannya dalam segelas air hangat. Kemudian meminta saya berkumur selama 30 detik dan membuang air garam setelahnya. Beneran enakan lho jadinya!

Ini ternyata karena air garam telah terbukti mampu membantu meredakan peradangan serta rasa sakit di gusi dan gigi. Maka tak heran sejak dahulu berkumur pakai air larutan garam merupakan cara mengobati sakit gigi yang paling populer. 


Mengompres dengan Es Batu

Tak hanya berkumur dengan air garam, saya juga pernah diminta Ibu mengompres pipi yang bengkak karena sakit gigi itu dengan es batu. Yaitu dengan membungkus es batu dalam sebuah handuk kecil lalu ditempelkan ke area pipi yang bengkak selama 15-20 menit, tiga kali dalam sehari. Kompres dingin ini akan membuat bengkaknya mereda, nyeri berkurang, juga berhentinya pendarahan.


Mengunyah Bawang Putih

Bukan hanya air garam dan es batu saja, obat sakit gigi paling ampuh yang ada di rumah kita. Ada juga bawang putih. Caranya simpel saja, satu siung bawang putih dikupas lalu dipotong jadi dua. Kemudian letakkan di bagian gigi yang sakit tadi. Atau bisa juga dikunyah beberapa menit. Bakalan enakeun, deh!

Maklum, rempah yang satu ini memang berifat antiseptik dan antibiotik alami yang bisa membantu melawan infeksi. Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri di gigi kita.

Pantesan jadi reda nyerinya!


Daun Jambu Biji

Nah, bahan ini yang paling mudah juga buat saya, karena tinggal petik dari halaman rumah sebab saya menanamnya.

Buat mengobati sakit gigi, cuci bersih daun jambu biji sebelumnya. Kalau tega langsung kunyah aja daun mentahnya. Kalau enggak suka rasanya yang memang agak-agak, remas saja sebentar dan hancurkan ke dalam air mendidih. Setelah hangat pakai larutannya untuk obat kumur.

Bakalan lega sakit giginya karena daun jambu biji memiliki sifat anti radang yang dapat membantu menyembuhkan luka. Tidak hanya itu saja, daun jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut kita. 


Minyak Cengkih

Last but not least, ada minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi paling ampuh. Memang sih enggak semua orang biasa menyimpan minyak ini di rumah. Padahal cengkih yang mengandung senyawa eugenol, bisa berperan sebagai antiseptik alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat kumur.

Ya, minyak cengkih terbukti secara efektif mampu meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan untuk sementara waktu, karena mengandung senyawa eugenol, yang berperan sebagai antiseptik alami. 

Caranya, kita bisa menggigit kapas yang sudah direndam atau diberi minyak cengkih ke bagian gigi yang sakit. Atau bisa juga mencampurkan setetes minyak cengkih ke dalam segelas air hangat dan dapat digunakan sebagai obat kumur. 


Nah, itulah beberapa obat sakit gigi paling ampuh dan bikin cepat sembuh!!

Tapiii, seampuh apapun obatnya, pencegahan tetaplah yang utama. Termasuk rutin periksa gigi ke dokter juga jadi hal wajib yang harus kita lakukan guna mencegah sakit gigi. Periksakan gigi kita ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali. 

Ingat, semakin dini penyakit terdeteksi, maka perawatan akan semakin sederhana, biayanya lebih murah, dan risiko komplikasi juga semakin kecil!๐Ÿ’–


Salam Sehat

signature-fonts

4 Tips Registrasi Kartu XL yang Gagal Terus

Hingga saat ini masih ada banyak orang yang belum melakukan registrasi ulang kartu SIM-nya. Alasannya sih bukan karena mereka malas untuk melakukan registrasi ulang, tapi karena proses registrasi ulang yang terkadang mengalami kegagalan.

Memang terkadang walaupun format yang digunakan sudah benar dan tidak ada kesalahan sama sekali, proses registrasi ulang kartu XL yang kita lakukan masih saja mengalami kegagalan, sehingga Anda membutuhkan tips registrasi kartu xl yang gagal.

Hal inilah yang terkadang membuat banyak orang menjadi gemas dan akhirnya tidak bisa melakukan proses registrasi ulang kartu SIM XL yang mereka miliki dengan tepat waktu.


Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal Terus


Tips Registrasi Kartu XL yang Gagal


Sebenarnya sudah sejak tanggal 1 Maret lalu pemerintah Indonesia melakukan beberapa pemblokiran untuk kartu perdana tahap pertama. Walaupun ada beberapa orang yang belum melakukan registrasi ulang kartu XL yang mereka gunakan, mereka masih diberikan kesempatan 30 hari untuk melakukan registrasi ulang.

Lalu bagaimana jika kita masih saja tidak bisa melakukan proses registrasi kartu XL yang kita miliki? Berikut adalah tips registrasi kartu XL yang gagal.


1. Cek Ulang Identitas yang Anda Kirimkan

Terkadang ada beberapa orang yang tidak sadar bahwa mereka sudah melakukan kesalahan termasuk saat melakukan registrasi ulang kartu perdana XL yang mereka gunakan. Mungkin karena terburu-buru atau faktor sudah kesal dengan registrasi yang rumit ini membuat orang tidak teliti.

Untuk itu sebelum Anda mulai marah-marah sendiri dengan proses registrasi yang selalu gagal, sebaiknya memeriksa ulang identitas yang Anda kirimkan.

Untuk melakukan proses registrasi ulang kartu XL yang kita miliki ini dibutuhkan 2 data diri kita yakni:  nomor NIK di KTP dan nomor Kartu Keluarga.

Terkadang karena digitnya yang panjang menyebabkan banyak orang tidak teliti saat meng-input nomor-nomor NIK KTP dan juga KK ini.

Mungkin ada angka yang salah atau ada angka yang terlewatkan. Nah, untuk mengatasi masalah ini Anda bisa meminta orang lain untuk mendiktekan nomor KTP dan juga KK yang Anda miliki untuk memastikan apakah ada kesalahan atau tidak saat memasukkannya.


2. Periksa Format Pengiriman Registrasi

Perlu Anda ketahui bahwa format pengiriman registrasi ulang kartu SIM ini berbeda-beda di setiap operator. Jadi kemungkinan besar Anda salah membaca informasi yang didapatkan dari internet.

Untuk itu Anda harus periksa ulang format pengiriman registrasi yang sebelumnya sudah Anda lakukan apakah sudah benar atau ternyata masih ada yang salah.

Untuk format registrasi kartu XL yang benar adalah dengan mengirimkan format SMS ULANG#NIK#KK. Kemungkinan besar Anda salah dalam mengirim format SMS. Bisa jadi Anda malah mengirimkan format SMS yang digunakan untuk melakukan registrasi ulang provider lainnya selain XL. 

Nah lho, salah kamar, kan?


3. Periksa Apakah Kartu Lama atau Kartu Baru

Kegagalan registrasi juga bisa saja terjadi karena masalah yang satu ini. Masalahnya adalah, apakah kartu Anda tergolong sebagai kartu yang baru atau lama.

Biasanya untuk kartu yang tergolong dalam kategori baru adalah kartu yang baru dipakai tidak lebih dari 3 bulan lamanya. Jika ternyata Anda sudah menggunakan kartu SIM XL tersebut lebih dari 3 bulan maka bisa dikategorikan kartu SIM tersebut termasuk dalam kategori kartu SIM XL yang lama.

Nah, untuk kategori kartu XL yang baru format registrasi yang harus Anda ketikkan adalah DAFTAR#NIK#KK. Sementara untuk melakukan registrasi ulang Anda hanya tinggal mengetikkan #ULANG#NIK#KK.

Tapi ingat, semua itu juga harus disesuaikan dengan kartu SIM yang Anda pakai ya, apakah tergolong dalam kategori kartu SIM yang baru atau kartu SIM yang lama.


4. Jika Sekali Gagal Jangan Langsung Registrasi Ulang

Untuk beberapa nomor bisa saja terkadang susah sekali saat melakukan pendaftaran ulang atau registrasi ulang kartu SIM yang Anda gunakan. Padahal nomor NIK dan juga nomor KK yang Anda masukkan tidak ada yang salah atau tidak ada yang kurang.

Format yang Anda gunakan pun juga sudah sesuai namun ternyata masih mengalami kegagalan dalam melakukan proses registrasi. Bagi Anda yang mengalami masalah ini, jangan langsung buru-buru untuk melakukan registrasi ulang dulu.

Lebih baik jika Anda menunggu dulu beberapa menit, kemudian baru lakukan registrasi ulang. Jika masih gagal Anda bisa mematikan dan menyalakan lagi smartphone yang Anda gunakan. Karena biasanya cara ini cukup efektif untuk yang mengalami kegagalan dalam registrasi kartu XL.

Nah, itulah beberapa tips registrasi kartu XL yang gagal terus yang bisa Anda terapkan. 

Silakan coba lakukan beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat!๐Ÿ’–


Salam Semangat

signature-fonts

Yuk, Ajak Anak Bermain Teknik Jumputan!

Teknik jumputan adalah salah satu teknik yang digunakan untuk membuat motif batik dengan cara mengikat kencang beberapa bagian kain yang kemudian dicelupkan pada pewarna pakaian. 

Mewarnai kain dengan teknik jumputan ini bisa menjadi aktivitas bermain anak terlebih ketika mereka kini lebih banyak di rumah saja akibat pandemi yang belum juga pergi. 

Well, sudah sekitar 7 bulan anak-anak lebih banyak di rumah. Dan sepertinya segala ide bermain sudah keluar semua ya.  Hhhh!! Hingga kadang pusing kepala, mau ngajakin anak main apalagi nih ya....


Berani Kotor Itu Baik

Nah, enggak usah pusing Buibuuu...

Berikut ada ide bermain dengan mewarnai kain. Khususnya mewarnai kain dengan teknik jumputan yang bisa jadi aktivitas positif pada masa perkembangan anak juga dapat membantu si Kecil mengenal warna sembari bermain pastinya. 

((Wah, basah-basahan ya? Pakai warna-warna? Air juga? Kotor dong jadinya?))

Duh, enggak apa-apa kan kalau kotor! Berani kotor itu baik lho!!

Berani Kotor Itu Baik....!


Tahu enggak Buuu...., bermain dan "Berani Kotor itu Baik"! 

Terutama saat anak kita menjelajahi lingkungan sekitar untuk bermain, bereksplorasi, belajar, dan mendapatkan pengalaman terbaik. 

Pasalnya, berani kotor saat bermain tak hanya akan membantu perkembangan anak untuk memahami dunia, lingkungan, dan alam sekitarnya. Tapi, proses ini juga akan membentuk nilai-nilai seperti: menumbuhkan rasa percaya diri, meningkatkan kesehatan dan kekebalan, dan pada akhirnya membantu mereka mencapai tahap perkembangan penting di masa tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu untuk merangsang pertumbuhan anak, dianjurkan secara rutin melakukan pergerakan serta aktivitas yang dapat merangsang sistem motoriknya melalui berbagai macam permainan yang disukainya. 

Sayangnya nih, banyak orang tua yang takut anaknya menjadi kotor. Terutama jika kotoran membandel yang menempel pada pakaiannya dan menjadikan mereka mudah terserang penyakit karena bakteri dan kuman yang seringkali menempel ketika selesai bermain.

Padahal bermain, dalam berbagai bentuk, memiliki pengaruh penting bagi perkembangan anak. Dan, salah satu hal yang mungkin tidak kita sadari adalah bahwa kita sebagai orang tua berperan besar untuk mendorong terjadinya aktivitas bermain ini.

Orang tua bertanggung jawab untuk membantu anak bermain, meski banyak kekhawatiran ada. Tapi ingat orang tua di seluruh dunia juga merasakan hal yang sama. Sehingga dengan menyadari hal ini, kita dapat membantu anak agar hidup lebih gembira dan seimbang dalam proses tumbuh kembangnya. 

See,......berani kotor saat bermain itu baik! 

Maka yuk ajak anak bermain mewarnai kain dengan teknik jumputan berikut ini!

Mewarnai Kain dengan Teknik Jumputan


Nah, teknik jumputan dapat digunakan untuk membuat motif batik atau mewarnai kain. Hasil mewarnai dengan teknik jumputan serupa dengan motif hippies yang sempat populer di tahun 1960. 

Teknik ini juga tidak sulit untuk dilakukan dan bisa dijadikan media anak bermain dan belajar. Tak cuma itu, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana dan mudah didapatkan.  

Apalagi bermain mewarnai kain dengan teknik jumputan ini selain menyenangkan juga punya banyak manfaat, diantaranya:

1. Si Kecil Belajar Mengenal Warna

Ketika berkreasi bersama melalui teknik jumputan, Ibu dan si Kecil bisa mengkombinasikan berbagai warna yang berbeda. Campur satu warna primer dengan warna primer lainnya, dan biarkan si Kecil melihat hasil campuran dari keduanya. Misalnya ketika mencampur merah dan kuning maka hasil yang didapat adalah warna oranye. 

2. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus

Tak itu saja, di saat yang sama, tentu si Kecil juga mengembangkan kemampuan motorik halusnya, contohnya saat mengikat kain dengan karet gelang. 

Tuh, bagus kan manfaatnya!

Jadi yuk siapkan bahannya dan kita buat teknik jumputannya!

Bahan yang Dibutuhkan

  • Kain atau pakaian bekas berwarna putih polos
  • Sarung tangan karet
  • Pewarna
  • Masker wajah
  • Kelereng
  • Karet gelang
  • Air

Langkah Pembuatan: 

Bentangkan kain atau kaos yang hendak diwarnai. Kenakan masker wajah dan sarung tangan, kemudian campurkan pewarna sesuai dengan keinginan. Tempatkan masing-masing ke dalam botol penyemprot.

Cara Membuat Bentuk Motif dan Lingkaran:

Ikat kain/kaos dengan karet gelang untuk mendapatkan pola yang berbeda. Masukkan kelereng ke dalam bagian yang hendak diikat dengan karet gelang. Tempatkan beberapa kelereng untuk menciptakan efek sunburst. Semprotkan pewarna ke kain/kaos tersebut.

Cara Membuat Motif Spiral:

Ikat bagian tengah kain/kaos secara memutar hingga menyerupai bentuk bola. Ikat dengan menggunakan karet gelang. Semprotkan pewarna ke kain/kaos tersebut. Semprot secara bergantian dari warna ke warna. Biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air dingin yang mengalir.

Bagaimana? Mudah bukan cara mewarnai kain dengan teknik jumputan? 

Oh ya, lakukan kegiatan ini di luar rumah dan di tempat yang cukup luas yaaa. 

Selamat mencoba!๐Ÿ’–


Play is the highest form of research (Albert Einstein)

signature-fonts

Laki-laki Sebagai Agen Perubahan Mewujudkan Kesetaraan Gender dan Penghapusan Kekerasan Seksual


Kasus kekerasan terhadap perempuan dulunya hanya saya baca di kolom berita di media saja. Hingga satu hari kakak kandung saya menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) oleh suami yang sudah menikahinya selama 20 tahun. 

Ya, ternyata selama sekian tahun itu pula, dia yang tinggal beda pulau dengan keluarga besar kami mengalami baik kekerasan fisik maupun mental hingga di satu waktu dia memutuskan untuk mengakhiri pernikahan. Sebuah pilihan yang dianggapnya lebih waras daripada menghabisi nyawa!


Kekerasan Berbasis Gender


Awalnya, saya tercengang, sekian lama dia bertahan dengan alasan klasik, kasihan anak-anak dan ketidaksanggupan menanggung stereotip masyarakat jika memilih bercerai dan menjadi janda. Hingga ada kekuatan dari diri setelah merasa enggak kuat lagi, untuk pergi. Sebuah keputusan yang saya (juga orang tua saya) hargai, karena bagaimanapun itu pilihan yang terbaik yang telah diputuskannya. 

Lalu apa yang terjadi?

Dia selaku korban dan berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara mesti menjalani sekian sesi konseling saat berlangsung kasusnya. Sedangkan mantan suaminya, berlalu seperti butiran debu!

Ini menyadarkan saya, betapa memang sejauh ini upaya penanganan KDRT lebih berfokus kepada korban. Pelaku seolah berada pada kutub berlawanan sehingga hampir tidak tersentuh tangan. Padahal menangani KDRT butuh pendekatan yang menyeluruh. Tidak bisa hanya melibatkan satu pihak (korban), melainkan juga perlu memasukkan pelaku sebagai bagian dari upaya penanganan. 

Ya, bukan hanya korban yang membutuhkan konseling, namun pelaku juga sama butuhnya!


Rutgers WPF Indonesia


Tentang Kasus Kekerasan terhadap Perempuan


Memang, tingginya kasus kekerasan terhadap perempuan seperti fenomena gunung es!!

Data yang dirilis Komnas Perempuan pada tahun 2019 dan diluncurkan pada tahun ini bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional bulan Maret lalu menunjukkan:

  1. Kasus kekerasan terhadap perempuan yang terlaporkan sebanyak 431.471 kasus, meningkat enam persen dari tahun sebelumnya sebanyak 406.178 kasus. 
  2. Di ranah pribadi dilaporkan kekerasan seksual sebanyak 2.988 kasus (31%) sedangkan di ranah publik atau komunitas ada 64% kekerasan seksual terhadap perempuan.
  3. Kekerasan berbasis gender online (KBGO) sebanyak 354 kasus sepanjang Januari-Mei 2020 di semua ranah. Jumlah ini lebih banyak dari total laporan pada 2019, yaitu sebanyak 281 kasus. 
  4. Jenis kekerasan seksual terbanyak di ranah ini adalah ancaman penyebaran foto/video porno atau revenge porn (81 laporan) sejak maraknya kegiatan online di masa pandemik ini.

Lebih lanjut, kekerasan berbasis gender (KBG) yang terjadi di sini, merupakan konsekuensi dari relasi kuasa yang timpang antara lelaki dan perempuan, di mana perempuan ditempatkan sebagai subordinat dari laki-laki. 

Sementara menurut Rutgers WPF Indonesia, KBG mencakup serangkaian kekerasan yang lebih luas, termasuk kekerasan terhadap perempuan dan laki-laki, minoritas seksual, yang identitasnya gender-nonconforming, yang kerap berakar pada ketidaksetaraan gender & norma gender yang berbahaya yang mendorong kekerasan. 

Sederhananya adalah tindakan kekerasan yang berlandaskan pada asumsi gender dan atau seksual tertentu!

Kesetaraan gender
Narasumber Diskusi


Keterkaitan Budaya Indonesia dengan Kekerasan Terhadap Perempuan


Kembali ke kasus kakak saya tadi, saya jadi teringat jika mantan suaminya memang terlihat sangat mengontrol istrinya. Padahal secara finansial bisa dibilang kakak saya yang punya andil lebih besar dalam pembiayaan keluarga. Tulang rusuk yang menjadi tulang punggung istilahnya.

Mungkin dia akan baik-baik saja jika pria yang menikahinya memberi ruang dan terlibat dalam urusan domestik juga pengasuhan. Tapi nyatanya, sebagai laki-laki yang punya "kuasa" dia menggunakan power-nya dan membuat kakak saya jadi pencari nafkah keluarga, istri, ibu sekaligus babu huhuhu. 

Sedih rasanya!

Well, Indonesia memang masih kental dengan kultur patriarki. Di mana lelaki umumnya memiliki kontrol dan kuasa terhadap anggota keluarga lainnya. Konstruksi sosial yang lekat dengan budaya patriarki pula lah yang melanggengkan kekerasan berbasis gender ini. 

Sementara, minimnya keterlibatan laki-laki dalam upaya pencegahan kekerasan berbasis gender merupakan salah satu faktor yang membutuhkan perhatian lebih. Di mana sebagian besar program-program yang berkembang selama ini masih berfokus pada pemberdayaan perempuan dan belum cukup menyasar akar persoalannya, yaitu norma dan relasi gender laki-laki dan perempuan.

Untuk itulah Rutgers WPF Indonesia melalui program Prevention+ yang merupakan kelanjutan dari program MenCare+ ingin mewujudkan kesetaraan gender dan penghapusan kekerasan seksual sebagai suatu kondisi yang ideal bagi pemenuhan hak-hak dan kesehatan seksual dan reproduksi dan membongkar norma-norma gender yang ada. 




Tentang Rutgers WPF Indonesia


Yes, Rutgers WPF Indonesia merupakan Lembaga non-profit atau NGO yang bekerja di Indonesia sejak tahun 1997 untuk isu Hak dan Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) serta pencegahan Kekerasan Berbasis Gender dan Seksual (KBGS). Selain di Indonesia, Rutgers WPF juga beroperasi di negara-negara lain di Asia seperti Pakistan, Eropa, Afrika dan Amerika Latin. 

Melalui Prevention+, Rutgers WPF Indonesia ingin mengurangi kekerasan terhadap perempuan serta meningkatkan partisipasi ekonomi perempuan dengan pendekatan pelibatan laki-laki sebagai agen perubahan dan mempromosikan nilai maskulinitas yang positif berdasarkan nilai kesetaraan dan nonkekerasan.

“Kesetaraan gender tidak dapat dicapai tanpa keterlibatan laki-laki dan remaja laki-laki dalam mengurangi bahkan menghapus kekerasan berbasis gender sehingga dengan mengajak mereka melalui program Prevention+, mereka dapat teredukasi dengan baik dan kami percaya bahwa laki-laki juga adalah agen perubahan untuk menghentikan kekerasan berbasis gender “. ujar Ingrid Irawati, SGBV PV Rutgers WPF Indonesia dalam Diskusi Media secara online bertema “Laki-laki Sebagai Agen Perubahan Mewujudkan Kesetaraan Gender dan Penghapusan Kekerasan Seksual” hari ini (26/10/2020).

Rutgers

Tentang Prevention+


Dengan menggandeng mitra lokal di antaranya Yabima, Sahabat Kapas, Rifka Annisa, Damar, dan Rahima, program Prevention+ sudah berjalan sejak tahun 2016 menyasar 4 wilayah besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandar Lampung, Solo dan Yogyakarta. Program Prevention+ bersifat mencegah atau mengurangi potensi bahaya terabaikannya prinsip kesetaraan gender dan bahaya yang mengancam hak-hak kesehatan seksual dan reproduksi.

Tapiiii, mengapa sih perlu pelibatan laki-laki sebagai bagian dari solusi kekerasan berbasis gender ini?

  • Patriarki dan nilai maskulin yang toksik berkontribusi pada laki-laki juga rentan, karena gendernya
  • Laki-laki dewasa dan remaja membutuhkan ruang berekspresi dan didengar
  • Nilai-nilai kekerasan tidak hadir sejak lahir
  • Pendekatan pada laki dari berbagai aspeknya: bukan hanya sebagai pelaku, juga sebagai korban, saksi kekerasan, agen perubahan, mitra, pasangan, suami, istri

Kemudian, apa saja kegiatan yang dilakukan Prevention+ selama 5 tahun ini? 

  • Diskusi komunitas reguler untuk empat kelompok (perempuan dewasa, laki-laki dewasa, perempuan remaja, dan laki-laki remaja) menggunakan modul-modul yang mengangkat tema kesetaraan gender dan pelibatan laki-laki 
  • Konseling Kekerasan Berbasis Gender dan Seksual (KBGS) termasuk pendampingan psikososial dan hukum
  • Kampanye melalui berbagai media, termasuk media sosial
  • Advokasi dari tingkat desa hingga ke tingkat nasional, termasuk menghasilkan beberapa Satgas Penanganan Kekerasan Perempuan dan Anak di wilayah Lampung dan advokasi penganggaran di Yogyakarta serta advokasi penegak hukum (polisi, kejaksaan)

DAMAR

Kesetaraan Gender


Tidak Semua Laki-laki.......


Tidak semua laki-laki sebagai pelaku kekerasan, walaupun faktanya, laki-laki merupakan pelaku dominan kekerasan terhadap perempuan, demikian disampaikan Sofiyan Hd, Manajer Umum Lembaga Advokasi Perempuan, DAMAR. 

Dikatakan bahwa dengan adanya program Prevention+ yang melibatkan laki-laki semakin banyak laki-laki yang bergerak untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan karena selama ini mayoritas mereka diam melihat kekerasan terhadap perempuan.

“Selama ini ada banyak laki-laki yang tidak setuju dengan kekerasan terhadap perempuan tetapi karena tidak tersedianya ruang bagi mereka untuk mendapatkan informasi dan wadah untuk bersikap ketika kasus itu terjadi akhirnya mereka memilih untuk diam tidak melakukan apapun. Hadirnya program Prevention+ dari Rutgers WPF Indonesia membuat mereka akhirnya bersuara mendukung penghapusan kekerasan seksual” ujarnya.

Kabar baiknya, upaya pelibatan laki-laki dalam isu kesetaraan gender mulai menggeliat. Beberapa organisasi perempuan serta penggiat laki-laki yang peduli dan aktif pada isu kekerasan terhadap perempuan menyadari bahwa dibutuhkan beberapa upaya strategis dan konkrit untuk menjangkau lebih banyak laki-laki.

Nah, disampaikan kemudian jika konseling pelaku mutlak diperlukan dengan alasan:

  • Sebagian besar korban tidak menginginkan pelaku masuk penjara. Keinginan mereka adalah pelaku berubah menjadi suami dan ayah yang baik dalam arti tidak lagi melakukan kekerasan. Dengan demikian, konseling pelaku menjadi penting dalam upaya memenuhi kebutuhan korban.
  • Laki-laki juga merupakan korban dari struktur dan kultur, yang memposisikan dan memberi peluang kepada laki-laki sebagai pelaku kekerasan. Kebanyakan perempuan korban kekerasan suami atau pasangannya lebih berharap tetap mempertahankan perkawinannya dari pada bercerai.
  • Rekonsiliasi korban dengan pelaku diperlukan dalam proses pendamaian korban dengan dirinya sendiri. Mengapa saya yang mengalami ini, mengapa dia tega melakukan ini, adalah pertanyaan yang dapat menghantui korban sepanjang hidupnya. Korban mempertanyakan esensi dirinya, mengubah persepsi diri menjadi pribadi yang pantas menerima perlakuan kasar pelaku. Ketika pelaku mengakui bukan diri korban penyebabnya, melainkan dialah pihak yang bertanggung jawab atas tindakannya, menjadi momen penting bagi proses penyembuhan psikis korban. Untuk dapat melakukannya, pelaku membutuhkan penyadaran lewat konseling yang membantu proses pembentukan kembali jati diri korban sebagai manusia yang layak dicintai.
  • Kekerasan tidak akan pernah terhapuskan jika pelakunya tidak pernah belajar pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dibutuhkan agar ia tidak lagi melakukan kekerasan. Hukuman pidana berupa kurungan penjara mungkin saja memberi efek jera. Namun tidak akan efektif mengubah pola kekerasan yang sudah mengakar dalam dirinya. Bukan tidak mungkin ia kembali melakukan kekerasan setelahnya. Karena hukuman pidana hanya mengajarkan bahwa perilakunya salah tanpa memberitahukan cara bagaimana supaya ia tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.


Rutgers WPF Indonesia

Kekerasan pada perempuan

Prevention +


Lalu, Bagaimana Strategi Melibatkan Laki-laki dapat Mempercepat Penghapusan Kekerasan Ini?


Nah, Rifka Annisa (artinya 'Teman Perempuan' ), sebuah organisasi non pemerintah yang berkomitmen pada penghapusan kekerasan terhadap perempuan, diwakili Defirentia, Direktur Rifka Annisa, mengulas perihal pelibatan laki-laki dalam penghapusan kekerasan dalam diskusi ini.

Disebutkan karena ia adalah KLIEN, laki-laki sebagai individu sendiri yang menerima dampak/risiko karena menjadi bagian dari anggota masyarakat yang dikenai konstruksi gender maskulinitas dalam struktur sosial masyarakat. 

Kemudian ia juga adalah PASANGAN, menjadi laki-laki yang mendukung pasangannya, mendorong kepemimpinan perempuan, berbagi peran bersama pasangan dan mempromosikan nilai-nilai kesetaraan tanpa kekerasan dalam berelasi ataupun dalam keluarga. 

Dan, laki-laki adalah AGEN PERUBAHAN, yang melakukan perubahan nilai-nilai gender di komunitasnya maupun di tingkat pembuat kebijakan yang pro perempuan, keadilan dan kesetaraan gender.

Well, strategi melibatkan laki-laki ini diyakini dapat mempercepat proses kesetaraan gender, karena:

  1. Kurang lebih setengah dari populasi manusia adalah laki-laki
  2. Laki-laki tidak hanya dilihat sebagai bagian dari masalah (dalam konteks laki-laki sebagai pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak), tetapi juga dilihat sebagai bagian dari solusi terhadap masalah untuk mencegah kekerasan
  3. Laki-laki adalah kelompok silent majority yang sesungguhnya juga memiliki keprihatinan dan kepedulian dengan tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak namun belum menyuarakan pendapatnya
  4. Laki-laki walaupun mendapat keistimewaan dari konstruksi gender dalam budaya patriarki sesungguhnya juga mengalami kerugian dari konstruksi gender yang tidak setara tersebut sehingga laki-laki juga mengalami hambatan dalam pengembangan dirinya.

Kekerasaan terhadap perempuan

kesetaraan gender

Penghapusan kekerasan terhadap perempuan


Yuk, Dukung Program Prevention+!


Well, menutup diskusi yang menarik ini, Inggrid Irawati kembali menggarisbawahi,
"Dengan adanya program ini diharapkan semakin banyak laki-laki yang terlibat sebagai Agen Perubahan mewujudkan kesetaraan gender dan penghapusan kekerasan seksual di Indonesia karena sesungguhnya patriarki tidak hanya mengancam perempuan, tetapi juga laki-laki dengan segala kekuasaan, keistimewaan, dan permisif yang dimiliki. Gerakan feminis bukan hanya gerakan milik perempuan semata karena dengan laki-laki terlibat di dalamnya, sesungguhnya ia sedang membantu dirinya terbebas dari jerat budaya patriarki itu sendiri!"

Semoga program Prevention+ ini bisa mengurangi kekerasan terhadap perempuan serta meningkatkan partisipasi ekonomi perempuan dengan pendekatan pelibatan laki-laki sebagai agen perubahan. Juga mempromosikan nilai maskulinitas yang positif berdasarkan nilai kesetaraan dan nonkekerasan. 

Semoga juga, tidak ada lagi korban kekerasan, seperti yang kakak saya dan perempuan lainnya alami. Mari dukung pelibatan laki-laki sebagai agen perubahan untuk mewujudkan kesetaraan gender dan penghapusan kekerasan seksual!๐Ÿ’–


"Real Men don't Hit Women!!"

Rutgers WPF Indonesia


IG: @rutgerswpfindo | Twitter: rutgerswpfindo | YouTube: Rutgers Indonesia 



Stay Strong!

signature-fonts

Vipro-G Suplemen Makanan Kaya Antioksidan

Vipro-G adalah suplemen makanan kaya antioksidan yang menjadi andalan saya untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama saat pandemi makin menyebar di sekitar dan sampai sekarang enggak ambyar-ambyar! Ya, ketika virus Covid-19 masih betah dan enggan enyah dari negeri ini, membentengi diri dari terjangkitinya virus adalah usaha terbaik yang bisa saya lakukan untuk keselamatan. 

Meski sejatinya suplemen makanan yang bantu jaga daya tahan tubuh itu perlu dikonsumsi setiap waktu, bukan hanya ketika ada ancaman virus mematikan saja. Pasalnya, sadar atau tidak di sekitar kita ada banyak bahaya yang mengancam seiring berubahnya gaya hidup yang dilakoni manusia.


Epigallocatechin Gallate


Misalnya, seperti saya yang tinggal di Jakarta. Keluar rumah sedikit aja sudah ketemu dengan kendaraan yang berseliweran yang asapnya menyumbangkan berbagai zat yang bisa merusak tubuh dalam jangka panjang. Belum lagi jika ketemu perokok yang tanpa saya minta, memberi "musibah" asap yang masuk ke paru-paru saya.

Duh, rasanya tuh sesuatu! Betapa polusi asap kendaraan dan asap rokok itu, bikin saya terpapar bahaya tanpa sadar! 

Membuat saya mesti aware untuk lebih menjaga lagi daya tahan tubuh, terlebih di saat pandemi seperti ini!

Tentang Daya Tahan Tubuh


Well, membicarakan cara menjaga daya tahan tubuh saat pandemi itu berarti kita mendukung program pemerintah dalam upaya memutus rantai penularan virus Covid-19 ini. Yes, menjaga imunitas merupakan salah satu cara agar dapat terhindar dari infeksi, karena sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. 

Memang, imunitas atau sistem daya tahan tubuh harus dijaga dengan baik agar kita tidak mudah terserang penyakit. Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa virus Covid-19 masih berkeliaran dengan bebas.

Nah, beberapa cara bisa kita lakukan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh selama masa pandemi, yakni:

  1. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang  
  2. Hindari merokok, karena dapat meningkatkan risiko infeksi dan akan memperparah komplikasi
  3. Hindari konsumsi alkohol
  4. Mengonsumsi suplemen vitamin terutama untuk yang memiliki aktivitas fisik lebih
  5. Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga yang akan membantu meningkatkan imunitas 
  6. Istrahat yang cukup 
  7. Kelola stres, misalnya dengan melakukan aktivitas yang disukai atau hobi
  8. Bersosialisasi: tetap jaga silaturahmi lewat media sosial demi terjaganya kesehatan mental 
  9. Jaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mengurangi risiko penularan penyakit 
  10. Dekatkan diri pada Tuhan dengan memperbanyak ibadah

Bahaya Polusi Asap Kendaraan dan Rokok


Nah, daya tahan tubuh yang baik akan melindungi kita dari infeksi virus juga terpapar polusi udara.

Sayangnya, banyak diantara kita yang enggak sadar, jika dampak polusi sejatinya sama berbahayanya dengan virus Covid-19 yang mematikan yang telah meluluhlantakkan berbagai sendi kehidupan.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa kualitas udara yang buruk “memberikan ancaman besar bagi kesehatan manusia”. Di mana polusi udara dapat memotong angka harapan hidup setiap pria, wanita, dan anak-anak di dunia hingga dua tahun lamanya. Wah!

Well, saat ini, polusi udara memang sangat sulit untuk dihindari. Apalagi jika bermukim di kota besar yang ramai kendaraan atau daerah tempat banyak pabrik di sekeliling tempat tinggal. Polutan mikroskopis di udara dapat menyelinap melewati pertahanan tubuh, menembus jauh ke dalam sistem pernapasan dan peredaran darah, merusak paru-paru, jantung, dan otak. 

Belum lagi paparan asap rokok yang disadari atau tidak membuat kita terpapar bahayanya. Mengingat, efek kesehatan dari polusi udara dan asap rokok memang sangat serius, di antaranya adalah stroke, kanker paru-paru, dan penyakit jantung. Efek yang setara dengan perokok aktif dan jauh lebih tinggi daripada efek makan terlalu banyak garam. 

Duh!

Etapiiii..mengapa sih kita mesti peduli pada bahaya polusi asap kendaraan dan rokok ini?

  • Gangguan Pernapasan: terpapar polusi udara dampaknya bisa bermacam-macam. Mulai dari menurunnya kadar oksigen dalam tubuh hingga kerusakan saluran pernapasan, seperti asma dan kanker paru-paru. 
  • Bersigat Karsinogenik: gas buang kendaraan memiliki sifat karsinogenik yang dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan. Paparan zat karsinogenik ini dapat menjadi penyebab organ tubuh dan fatalnya dapat memicu terjadinya kanker.
  • Terganggunya Peredaran Oksigen dalam Darah: tak hanya saluran pernapasan, sistem peredaran darah pun akan terdampak akibat polusi udara dan asap rokok. Karena ketika karbon monoksida (CO) terlalu banyak, maka kadar kekentalan darah dan kadar protein inflamasi dapat meninggi. Sehingga risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler, stroke, dan diabetes pun meningkat.


Kegunaan Vipro-G


Vipro-G Suplemen Makanan untuk Jaga Daya Tahan Tubuh


Tuh, kan...betapa bahaya virus, polusi asap kendaraan dan asap rokok, yang bisa mengancam kita sehingga pertahanan diri perlu dikuatkan untuk menghadapinya.

Nah, seiring penerapan adaptasi kebiasaan baru, kewaspadaan dan kepedulian terhadap kesehatan harus lebih ditingkatkan. Salah satunya dengan tetap menjaga dan meningkatkan daya tahan atau sistem imun tubuh kita sebagai benteng pertahanan utama. 

Diantaranya, dengan memilih suplemen makanan terbaik seperti Vipro-G yang dapat membantu upaya tindakan preventif terhadap penyebaran Covid-19, lantaran bisa meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh. Sehingga aktivitas kita pada adaptasi kebiasaan baru bisa lancar jaya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ada.

Well, saya memilih Vipro-G karena kombinasi unik yang dimiliki minuman kesehatan produksi Lapi Laboratories ini. Yakni selain memberikan perlindungan menyeluruh pada tubuh, Vipro-G juga meningkatkan kinerja tubuh dan pastinya aman dikonsumsi setiap hari.

Vipro-G memberikan 4 Formula zat aktif yang sangat baik dalam memperkuat sistem daya tahan tubuh, juga menangkal radikal bebas baik dari dalam maupun luar. Sehingga sangat cocok untuk orang yang aktif dan produktif agar tubuh tidak mudah capek dan sakit terutama saat bekerja dan di perjalanan.


Yess, memang banyak kegunaan Vipro-G  diantaranya:


  1. Vipro-G mengandung bahan yang tinggi antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel terutama akibat kondisi lingkungan yang berpolusi seperti akibat dari asap rokok, asap kendaraan dan polutan lainnya
  2. Vipro-G mampu mencegah peradangan terutama pada saluran napas sehingga melegakan tenggorokan
  3. Kombinasi unik Vipro-G bukan hanya memberikan perlindungan menyeluruh pada tubuh, tapi juga meningkatkan kinerja tubuh dan pastinya aman dikonsumsi setiap hari


Efek Samping Vipro-G


Khasiat Vipro-G


Vipro-G memang bisa diandalkan untuk membantu memelihara daya tahan tubuh kita. Pasalnya, Vipro-G merupakan produk dengan perpaduan terbaik dari 4 Formula zat aktif yang dapat memperkuat sistem imunitas dan daya tahan tubuh. 

Yup, khasiat Vipro-G memang hebat! Dengan komposisi: Epigallocatechin Gallate (EGCG) 25.000 mcg, Taurine 1000 mcg, Vitamin C 10000 mcg dan Zn Picolinate 25 mg, yang berfungsi:


1. Epigallocatechin Gallate (EGCG)

Adalah antioksidan yang berasal dari teh hijau, yang berfungsi sangat baik sebagai imunomodulator (zat yang dapat memodulasi mempengaruhi sistem imun tubuh menjadi ke arah normal), dan memiliki efek antioksidan 100 Kali lebih kuat dibanding vitamin C dan 25 kali lebih kuat dibanding vitamin E dalam melawan radikal bebas.

Epigallocatechin Gallate juga merupakan bioaktif utama dalam teh hijau yang telah dipelajari selama hampir tiga puluh tahun terakhir sebagai senyawa yang awalnya untuk efek kemoprevensi kanker dan kemudian untuk kemoterapi kemampuan kankernya. Bahkan dalam studi yang dipublikasikan di Cancer Prevention Research, EGCG ditemukan bisa menekan pertumbuhan sel kanker paru-paru.


2. Vitamin C 1000 mg

Merupakan antioksidan yang berfungsi untuk menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh (imuno stimulator) dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga berguna untuk menurunkan risiko penyakit kronis. Tak hanya itu Vitamin C 1.000 mg membantu meningkatkan perlindungan tubuh dari dalam dan diperlukan untuk respon imun langsung. Vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut air dan cepat diekskresikan oleh tubuh terutama melalui urin sehingga konsumsinya setiap hari diperlukan untuk menjaga konsentrasinya dalam tubuh agar manfaatnya tetap optimal. Kekurangan Vitamin C menghasilkan penurunan resistensi terhadap penyakit.


3. Zinc

Merupakan mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, menjaga kesehatan jaringan tubuh, dan berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Jika tubuh kekurangan zinc, sistem imun akan melemah. Saat dalam masa penyembuhan, zinc juga sangat direkomendasikan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah terjadinya infeksi dari virus serta bakteri. Zinc juga dapat menurunkan resiko penyakit seperti infeksi saluran pernapasan.


4. Taurine

Merupakan asam amino yang sering dikatakan sebagai “wonder molecule” atau molekul ajaib, karena memiliki banyak manfaat tanpa memiliki efek samping. Taurine bisa menurunkan risiko terkena penyakit dan meningkatkan performa seseorang ketika berolahraga. Itulah sebabnya taurine sering juga ditambahkan ke dalam minuman energi. Taurin juga dapat meningkatkan kapasitas tubuh untuk mengangkut oksigen sehingga meningkatkan aktivitas fisik tanpa merasa kelelahan. 

Nah, dengan keandalan 4 formula aktif tersebut tak diragukan lagi kegunaan Vipro-G dalam memelihara daya tahan tubuh kita. 

Apalagi suplemen ini hadir dalam sediaan Tablet Vipro-G Effervescent yang membuat:

  1. Penyerapan nutrisi lebih cepat dan baik
  2. Sensasi rasa original yang menyegarkan
  3. Ramah untuk lambung
  4. Mudah larut, simple, enggak perlu diaduk

Tablet Vipro-G Effervescent


Kegunaan Vipro-G yang Mumpuni 


See, dengan segala kelebihan yang dimiliki, Vipro-G layak disebut sebagai suplemen makanan yang mumpuni. Membuat saya memercayakan pemeliharaan daya tahan tubuh pada Tablet Vipro-G Effervescent ini. Tak hanya saya sendiri tapi suami pun ikut mengonsumsi mengingat banyaknya manfaat.

Tapi, karena Vipro-G ini bukan untuk dikonsumsi anak-anak maka saya tidak memberikannya pada anak saya. Melainkan menyediakan khusus suplemen anak untuk mereka, termasuk suplemen mata.

Sementara cara konsumsi Vipro-G adalah: larutkan Vipro-G dalam 125-200 ml air, bisa menggunakan air dingin atau ditambahkan es batu biar makin segar. 

Lalu bagaimana dengan efek samping Vipro-G?

Enggak perlu ragu, efek samping Vipro-G yang sudah bersertifikasi HALAL MUI ini tidak ada sehingga aman dikonsumsi sehari-hari.

Oh ya, Vipro-G bisa didapatkan di Apotek, Toko Obat, Alfamart, Modern Pharmacy Chain, dan minimarket dengan harga yang bersahabat ya.... 

Jadiiii, yuk tambahkan suplemen makanan kaya antioksidan Vipro-G dalam jadwal sehari-hari agar daya tahan tubuh kita senantiasa terpelihara!

Konsumsi Vipro-G sehari sekali, membuat tubuh fit berkali-kali!๐Ÿ’–


Salam Sehat


signature-fonts

Manfaat Jasa Pengiriman Kargo

Jasa pengiriman kargo dewasa ini menjadi solusi bagi masyarakat terkait maraknya transaksi online yang terjadi akibat efek pandemi yang menghantam bumi. Yup, produk dan jasa yang dulu transaksinya mesti hand to hand kini bisa dilakukan secara online. Saat perlu sesuatu, tinggal klik pesananmu, bayar dan .....tunggu barang datang sambil rebahan!!

Simpel sekaliiiii!


Manfaat Jasa Pengiriman Kargo


Manfaat Jasa Pengiriman Kargo


Well, aktivitas yang terbatas karena diterapkannya pembatasan sosial dan protokol kesehatan membuat banyak orang memilih untuk tinggal di rumah saja dan bertransaksi via ecommerce untuk memenuhi kebutuhannya. Alhasil kegiatan belanja online makin meningkat. Akibatnya kebutuhan pengiriman barang pun bertambah pesat.

Maka tak heran jika semakin banyak usaha jasa di bidang ini yang kini kita temui. Di mana masing-masing menawarkan kelebihan dan layanan yang kompetitif.

Meski sejatinya, jasa pengiriman tak hanya bermanfaat untuk kepentingan belanja online saja. Pasalnya, jasa dalam bidang pengiriman barang tersebut memiliki manfaat yang lebih luas, diantaranya:

  • Courier Services

Manfaat paling umum dari jasa pengiriman barang adalah sebagai jasa kurir ekspres. Yakni jasa yang akan mengirimkan paket dengan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Di mana secara umum, layanan ini terbagi ke dalam:

  1. Layanan Standar: same day service, next day service, dan regular service. 
  2. Layanan Solusi: layanan VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa.

  • Contract Logistics

Kemudian untuk pemilik usaha yang ingin tetap fokus pada kompetensi inti dan peningkatan keuntungan, bisa memanfaatkan jasa pengiriman barang dengan pilihan layanan logistik yang terintegrasi. Yakni dari perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring melalui jasa contract logistics. Bahkan kini jasa contract logistic sudah ada yang menangani ekspor dan impor kendaraan roda empat dan alat berat berikut komponen-komponennya. Wah....makin mudah saja yaaa!

  • Shipping Services

Sementara manfaat jasa pengiriman barang untuk kargo di dalam negeri, tersedia jasa pengiriman dan distribusi dengan moda transportasi laut. Layanan ini mengutamakan pada pengiriman kargo untuk industri tertentu, misalnya otomotif, industri alat berat, dan muatan lainnya.

  • Shipping Agency

Selain itu ada juga manfaat lain dari jasa pengiriman barang ini yakni sebagai shipping agency. Agen berkolaborasi dengan agen pengiriman dari luar negeri sehingga akan memudahkan proses pengiriman ke berbagi negara yang pasti akan makin memudahkan pelanggannya.

  • Freight Forwarding

Kemudian manfaat lain jasa pengiriman barang adalah untuk mengirimkan alat berat atau kargo lainnya. Di mana jasa pengiriman dilakukan dengan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect.

  • Warehouse and Yard Management

Nah, selain aneka jasa pengiriman kargo, umumnya tersedia juga jasa pengelolaan dan penyimpanan barang. Ya, adanya Warehouse Management System (WMS) memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. WMS memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time. Apalagi jika tersedia layanan tambahan berupa inbound dan outbound transportation untuk menjamin barang tiba dengan aman tanpa kerusakan.

Well, ternyata jasa dalam bidang pengiriman barang memiliki manfaat luas yang bisa digunakan oleh masyarakat yaa.... Dan, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan pastinya!

Tentang Selog Express

Nah, terkait kebutuhan pengiriman barang yang meningkat selama pandemi ini, maka pastikan pilih layanan terpercaya untuk jasa pengiriman kargo kita. Karena jika jasa pengiriman kargo yang kita pilih terpercaya maka usaha akan lancar jaya sehingga bakal berkurang pusing kepala!

Kabar baiknya, ada lho jasa pengiriman kargo yang memiliki semua layanan sesuai manfaatnya tersebut, yaitu Selog Express!!

Yess, Selog Express, merupakan salah satu lini bisnis PT. Serasi Autoraya (SERA), anak perusahaan PT Astra International Tbk, yang saat ini telah dikenal luas sebagai salah satu perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia. 

SERA yang pada awalnya merupakan perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan. Di mana selain bisnis solusi transportasi dan penjualan kendaraan bekas, SERA, di bawah brand SELOG, hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda dan lengkaaap pilihannya!

So, pastikan pilih layanan terpercaya Selog Express untuk jasa pengiriman kargo!!๐Ÿ’–


Salam Semangat

signature-fonts

Eyevit, Vitamin Mata Terbaik

Eyevit adalah vitamin mata yang menjaga kesehatan mata saya sekeluarga terutama sejak pandemi Covid-19 tiba-tiba datang tanpa diundang. Pandemi yang telah mengubah banyak hal termasuk rutinitas di keseharian. Tak ada lagi suami yang pergi ke kantor setiap hari, juga anak-anak yang berangkat ke sekolah setiap pagi.

Sekarang kami sekeluarga nyaris tak beranjak dari rumah kecuali jika ada keperluan, suami atau saya yang akan jalan. Bekerja dari rumah, bersekolah, beribadah, bersilaturahmi....Banyaaak hal yang dulunya mustahil dilakukan dari rumah saja, kini berkat teknologi bisa dijalani.

Vitamin Mata

Suami saya yang pekerjaannya berkutat dengan angka dan laporan-laporan pada divisi keuangan sebuah perusahaan, dalam sehari ada jadwal "menghadiri" beberapa meeting yang dilakukan secara daring. Setelahnya ada setumpuk laporan yang mesti dikerjakan pun mengumpulkan beberapa data dari kolega untuk kelengkapannya.

Sementara anak sulung saya, kelas X SMA, memiliki jadwal Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari pukul 06.30 hingga 12.00 via Google Meet, dengan diselingi waktu istirahat. Sedangkan si bungsu, kelas VI SD, punya jadwal PJJ via Zoom Meeting dari pukul 07.30 sampai 12.00, dengan selingan jeda rehat.

Dan, tak hanya mereka bertiga, saya yang Ibu Rumah Tangga sekaligus Blogger juga menghabiskan waktu di sela-sela menyelesaikan tugas domestik dengan berkegiatan di depan laptop. Kadang ikut webinar, join berbagai live session di media sosial, menyelesaikan konten sebelum deadline juga menghibur diri dengan nonton drama yang lagi heboh di timeline!

Hingga rasa-rasanya, setengah dari waktu berkegiatan di rumah, saya (dan keluarga) habiskan di depan layar. Nyaris semua dilakukan secara online yang membuat kami menatap layar ponsel dan laptop lebih sering dan lama dari biasanya. 

Keuntungannya memang banyaaak! Karena beraneka kegiatan bisa dijangkau dalam genggaman tangan. Tapiiiii, hal ini juga berdampak buruk pada kesehatan, terutama kesehatan mata yang seringkali terabaikan.

Bahkan, dampak jangka panjangnya, akan meningkatkan risiko penyakit berbahaya!

Hiii, ngeriii!!

Akibat Duduk Terlalu Lama di Depan Layar


Well, duduk terlalu lama dengan mata menatap layar ternyata membawa beberapa masalah bagi kesehatan dan dalam jangka panjang akan meningkatkan risiko penyakit serius, diantaranya:


1. Gangguan Bentuk Tubuh

Duduk terlalu lama akan menimbulkan rasa sakit yang berlebihan pada leher dan bahu. Juga berdampak pada tulang belakang karena tulang punggung terus menopang tubuh disebabkan durasi duduk terlalu lama itu.


2. Mati Rasa

Duduk terlalu lama juga bisa mengganggu sistem saraf yang akan menimbulkan kondisi yang tidak nyaman seperti kesemutan, rasa terbakar, nyeri, kelemahan otot hingga berujung mati rasa. 

 
3. Serangan Jantung

Saat duduk terlalu lama tubuh akan merespon dengan memperlambat proses metabolisme yang membuat aliran darah terganggu sehingga otot tidak dapat membantu membakar kalori di dalam tubuh. Lama-lama, lemak akan menyumbat bagian otot dan pembuluh darah dan jika ini terus-terusan terjadi bisa menimbulkan serangan jantung. 


4. Kanker

Tak hanya itu, duduk terlalu lama juga akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara, leher rahim dan usus. Karena tubuh tidak terlalu aktif, kemampuan antioksidan pun berkurang. Juga, rendahnya produksi insulin dan pertumbuhan sel tidak sehat yang lebih cepat bisa menjadi faktor pemicunya. 


5. Gangguan Kesehatan Mata

Selanjutnya, terlalu lama menatap layar ponsel dan laptop dapat menyebabkan penglihatan kabur, rasa kering, gatal, dan iritasi. Gangguan kesehatan mata ini dikenal sebagai Computer Vision Syndrome (CVS) dan seringkali terjadi pada semua, tak kenal usia.

Di mana, tak hanya gejala pada mata, tanda lainnya yang dapat muncul akibat CVS adalah: sulit untuk fokus, tegang pada leher belakang dan bahu, sakit kepala, rasa lemas dan melihat layar laptop atau ponsel seolah bergerak-gerak.

Duh! 

Padahal mata adalah salah satu indera penting kita. Sehingga menjaga kesehatan mata sejak dini dengan pola hidup sehat penting sekali.

Lalu bagaimana cara atasi gangguan kesehatan pada mata ini?


Kegunaan Eyevit
Bersepeda: aktivitas fisik "Green Time" di sela-sela "Screen time"

Cara Atasi Gangguan Kesehatan Mata


Well, bekerja, belajar dan berkegiatan dengan metode online mengharuskan kita menatap layar ponsel dan laptop lebih sering dan lama dari biasanya. Hal itu dapat berdampak buruk dan menimbulkan gangguan kesehatan pada mata.

Nah, ada beberapa cara untuk mencegahnya, diantaranya:

  • Atur Posisi

Posisi komputer, laptop, tablet, smartphone, sebaiknya ditata dengan benar. Posisi terbaiknya, sekitar 30-50 cm dari mata kita. Ini bertujuan agar kita bisa meregangkan leher dan mata supaya tidak terlalu tegang nantinya. Oh ya, usahakan juga posisi duduk tidak membungkuk.

  • Atur Pencahayaan Layar

Pantulan cahaya layar gadget menjadi salah satu faktor yang membuat mata menjadi cepat lelah. Oleh sebab itu, sebaiknya mengatur pencahayaan yang dirasa aman bagi mata kita. 

  • Beri Jeda Mata

Saat kita terlalu lama di depan layar, mata cenderung akan berkedip lebih sedikit dari biasanya sehingga menjadi kering. Padahal saat berkedip air mata akan membasahi seluruh bagian indera penglihatan kita. Maka dari itu, usahakan untuk pejamkan mata selama beberapa saat ketika kita sudah merasa lelah. Coba terapkan aturan jeda mata 20-20-20. Jadi, setiap 20 menit alihkan pandangan dari layar, lihat sebuah benda yang berjarak 20 kaki (sekitar 6  meter), selama 20 detik.

  • Lingkungan yang Nyaman

Tidak hanya perangkatnya, lingkungan tempat kita online pun perlu perubahan dan penyesuaian agar bikin mata sehat dan nyaman. Pencahayaan di ruangan sebaiknya dibuat tidak terlalu terang, tidak pula minim cahaya. Selanjutnya, pilih kursi kerja yang memiliki pengaturan tinggi rendah sehingga posisi kita nyaman dan mata tak cepat lelah.

  • Selingi dengan Green Time

Lakukan istirahat “Green Time” yaitu berkegiatan di luar rumah dengan melihat yang  hijau-hijau. Seperti daun, rerumputan, pepohonan dengan sambil melakukan aktivitas fisik di sela-sela waktu "Screen Time" untuk kesehatan mata dan badan secara keseluruhan. Misalnya dengan bersepeda seperti saya.....

  • Mengonsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi cukup ikan (tuna, salmon, sarden, bilis, herring, dan ikan trout) sebagai sumber asam lemak omega-3 terbaik, dapat menekan risiko mata kering, yang rentan terjadi apabila terlalu lama melihat layar. Kemudian, konsumsi juga kacang-kacangan yang tinggi kandungan asam lemak omega-3-nya dan vitamin E yang dapat menjaga mata dari risiko kerusakan akibat penuaan.

Lalu, buah  sitrus yang kandungan vitamin C-nya melimpah, yakni: lemon, jeruk dan jeruk nipis. Juga sayuran berdaun hijau yang mengandung lutein, zeaxanthin, dan vitamin C seperti bayam, kale, dan pok coy. Tak lupa wortel dengan kandungan beta-karoten dan vitamin A dengan komponen protein bernama rhodopsin yang dapat membantu retina dalam menyerap cahaya. 

Buah-buahan lain yang juga berwarna seperti paprika, tomat, stroberi, labu, dan jagung juga merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang baik. Dan daging sapi yang kaya akan zinc, dapat menunda masalah penglihatan dalam batas yang wajar. Serta telur yang kaya akan lutein dan zeaxanthin vitamin C, vitamin E, dan zinc, yang dapat mengurangi risiko masalah kesehatan mata.

  • Minum Vitamin Mata untuk Memelihara Kesehatan Mata Kita

Last but not least, atasi gangguan kesehatan mata dengan minum suplemen yang akan membantu memelihara kesehatan mata kita. Seperti Eyevit dengan formula lengkapnya untuk bantu jaga kesehatan mata karena mengandung Pure Bilberry+Lutein+Zeaxanthin untuk memelihara kesehatan mata kita.

Eyevit - Suplemen Penjaga Kesehatan Mata


Well, di pasaran tersedia banyak pilihan suplemen. Nah, Eyevit adalah vitamin mata terbaik, karena:

✔ Formula Eyevit Paling Lengkap 

Dibandingkan dengan merek lain di pasaran, formula Eyevit paling lengkap. Terdiri dari 8 nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata yaitu: Bilberry, Lutein, Zeaxanthin, B-Caroten, Retinol, Selenium dan Zinc

✔ Eyevit Atasi Mata Lelah

Eyevit terbukti mampu atasi mata lelah, perih, pandangan kabur akibat terlalu lama menggunakan gadget, karena formula Eyevit meningkatkan sirkulasi oksigen pada pembuluh darah mata. 

✔ Eyevit Bantu Kurangi Kadar Minus

Bagi mereka yang berkacamata dengan minus rendah (1-3) Eyevit bisa membantu mengurangi minus pada mata. Karena Formula Eyevit bekerja meningkatkan daya akomodasi/kelenturan lensa mata sehingga penglihatan menjadi lebih jelas. Bahkan pada kasus mata minus tinggi (>10) formula Eyevit terbukti dapat membantu agar kadar minus pada mata tidak bertambah.

✔  Eyevit Membantu Memelihara Kesehatan Mata 

Kegunaan Eyevit yang banyak yakni: menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel mata seperti radiasi yang dipancarkan layar komputer atau TV, mencegah terjadinya katarak, mempertajam penglihatan mata dan mempercepat adaptasi dalam gelap


Eyevit
Eyevit Syrup untuk si bungsu - Eyevit Tablet untuk saya, suami dan si sulung


EYEVIT - Vitamin Mata Keluarga Saya


Nah, tak heran berbagai kegunaan Eyevit sebagai suplemen pemelihara kesehatan mata membuat saya memercayakan kesehatan keluarga pada vitamin mata produksi Lapi Laboratories ini.

Apalagi nih, Eyevit tersedia dalam 2 varian tak hanya Eyevit Tablet saja tapi juga ada Eyevit Syrup dengan rasa yang enak dan disukai anak-anak. Pas sekali untuk dikonsumsi di masa New Normal ini di mana anak saya mesti sekolah online, sehingga Eyevit Syrup akan melindungi mereka. 

Oh ya, saya, suami dan si sulung mengonsumsi Eyevit Tablet sehari 2-3 kali, 1 tablet salut selaput. Sementara si bungsu yang berusia 11 tahun minum Eyevit Syrup sehari 1 kali, 1 sendok teh (5 ml).

Memang cara penggunaan Eyevit ini, yakni:

Dewasa: 
Sehari 2-3 kali, 1 tablet salut selaput 
Sehari 2-3 kali, 1 sendok teh (5 ml) - (jika menggunakan Eyevit Syrup)

Anak dibawah usia 12 tahun: 
Sehari 1 kali, 1 sendok teh (5 ml) atau sesuai dengan anjuran dokter

Nah, vitamin mata EYEVIT yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata, menjaga kesehatan mata dari resiko miopia, dan meningkatkan ketajaman fungsi penglihatan ini memiliki kandungan bahan yang punya manfaat baik untuk mata, yakni:


1. Buah Bilberry

  • Bermanfaat: mengatasi gangguan pembuluh darah dan penyakit mata karena mengandung zat aktif yang disebut antosianosida atau lebih dikenal dengan antioksidan, Bilberry juga terbukti dapat mencegah katarak, mengurangi mata minus, penglihatan buram dan rabun senja karena adanya kandungan flavanoids yang membangun kolagen dalam pembuluh darah mata. Saat usia bertambah, sel-sel mata akan mulai mengalami kerusakan. Nah, Bilberry membantu menghentikan penyebaran degenerasi makula akibat kerusakan retina
  • Berfungsi: antioksidan kuat, 20x Vit.C dan 50x Vit.E, meningkatkan metabolisme retina, mencegah kerusakan retina, meningkatkan perbaikan sensitivitas retina, meningkatkan ketajaman penglihatan, meningkatkan penglihatan pada malam hari, menurunkan rasa silau karena cahaya

2. Lutein

  • Lutein merupakan suatu zat aktif yang baik sebagai vitamin mata karena mampu menjaga kesehatan mata dan menjaga agar mata minus tidak bertambah. Lutein tidak dapat disintesis dalam tubuh manusia, sehingga perlu asupan dari makanan. Dengan Lutein perbaikan fungsi penglihatan mulai terasa dalam 1-2 minggu
  • Berfungsi: melindungi fungsi penglihatan. Lutein akan memberikan karotenoid alami yang merupakan bahan aktif seperti yang ditemukan dalam wortel. Lutein membantu menjaga agar mata minus tidak bertambah. Juga akan memperkuat Retina di mana fungsi retina akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia atau ketika kekurangan nutrisi. Pastikan juga untuk melindungi mata dari sinar matahari langsung. Lutein akan melindungi retina dari kerusakan sehingga fungsi penglihatan berada dalam tingkat optimal.

3. Zeaxanthin

  • Zeaxanthin+Lutein merupakan jenis karotenoid satu-satunya dalam makula mata, menyerap sinar biru yang membahayakan tubuh, melindungi mata dari degenerasi dan katarak.
  • Ketika lutein dan zeaxanthin jumlahnya cukup dalam daerah makula, akan mampu melihat hal-hal yang jelas dan menyampaikan ke otak. Jika kekurangan vitamin mata seperti lutein dan zeaxanthin, hal itu akan menyebabkan AMD (degenerasi makula), terkait kebutaan, katarak, astigmatisme, presbiopia, miopia pseudo- dan kelelahan mata.

Eyevit, Solusi Tepat untuk Kesehatan Mata


Well, kini dirimu jadi tahu kan alasan kenapa Eyevit menjadi solusi tepat untuk kesehatan mata kita? 

Yess, Eyevit adalah vitamin mata yang bagus untuk menjaga kesehatan mata pekerja yang saat ini WFH, pekerja digital, pelajar, blogger dan semua yang kegiatannya berlama-lama di depan layar.

Etapiii, apakah Eyevit aman dikonsumsi dalam jangka panjang? Kemudian, adakah efek samping Eyevit ini?

Tentu saja Eyevit aman dikonsumsi setiap hari!

Karena Eyevit adalah vitamin mata yang terbuat dari bahan alami dan diproses dengan teknologi tinggi sehingga mutu dan kualitasnya terjamin. Jadi, tidak ada efek samping Eyevit! 

Apalagi Eyevit juga sudah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI sehingga kita semua tidak perlu ragu mengonsumsi Eyevit untuk menjaga kesehatan mata. 

Oleh karena itu di saat era adaptasi baru di mana aktivitas online semakin banyak seperti meeting online, sekolah online, belanja online, silaturahmi online, yang membuat kerja mata semakin berat, dengan membiasakan mengonsumsi Eyevit mata kita akan tetap sehat. 

Mata tidak akan lelah/perih dan penglihatan tetap jelas. Sehingga aktivitas online tetap lancar jaya tak ada kendala!

Oh ya, Eyevit dapat dibeli juga dengan mudah. Karena sudah tersedia di: Shopee Lapi Official Shop, Alfamart, Guardian, Watson, Apotek Kimia Farma, Apotek K-24, serta Apotek/Toko Obat dekat rumah.

Dan...harganya juga terjangkau!

Saya beli di Shopee Lapi Official Shop: Eyevit Tablet Rp 35.000 (1 strip - @ 6 tablet) dan Eyevit Syrup Rp 70.000 (1 botol - 60 ml)

Pokoknya, untuk vitamin mata terbaik pastikan hanya memilih Eyevit saja. Vitamin mata era digital yang formulanya terbukti klinis mampu melindungi mata dari bahaya yang ditimbulkan oleh gadget kita. 

Dengan Eyevit kita bisa gadget-an dengan nyaman dan aman. Mau gadget-an? Eyevit-nya duluan!

Yuk, konsumsi Eyevit, vitamin mata terbaik!๐Ÿ’–



Salam Sehat


signature-fonts