Pandemi Bikin Saya Makin Ahli dalam 3 Hal Ini!


Hari ini masuk minggu ketujuh anak-anak saya melakukan pembelajaran jarak jauh sebagai bagian dari kebijakan sekolah mengikuti aturan pemerintah dalam menekan penyebaran virus COVID-19 yang di Jakarta begitu cepat meluas. Tak beda jauh waktunya, ini adalah pekan keenam suami saya bekerja dari rumah. Berempat #diamdirumah dengan segala kisah ternyata membawa begitu banyak hikmah. Diantaranya ada beberapa keahlian yang makin saya kuasai yang sebelumnya berstandar biasa saja. Apa saja?


Keahlian yang didapatkan Pasca Corona

Kekecewaan yang Tak Terbendung Saat Berkunjung ke Pasar Terapung "Damnoen Saduak Floating Market" Thailand



Hari terakhir saya di Thailand, dimulai dengan packing barang dan keterlambatan keberangkatan dikarenakan teman-teman banyak yang tepar setelah kemarinnya tour seharian. Akibatnya, jadwal hari terakhir, harusnya bisa ke dua tempat, ujung-ujungnya hanya bisa ke satu lokasi plus maksi. Meski sejatinya rombongan terbagi menjadi 2 jadwal penerbangan, yang satu agak sorean, yang lain maleman, tapi mau enggak mau harus berangkat sama-sama ke bandaranya, untuk memudahkan koordinasinya. Nah, hari terakhir ini kami dibawa oleh guide, tour ke luar kota, tepatnya ke Damnoen Saduak Floating Market. Sebuah pasar terapung yang telah menjadi tujuan wisata sejak 1971. Yang bayangan saya bakal seperti di tipi penampakannya, rapi, bersih dan nyaman buat belanja-belanji. Tapi, ternyata jauh dari itu semua, pasarnya ruwet, macet dan harga barangnya mahal banget! Padahal perjalanan ke sana memakan waktu hampir 2 jam! 


Pasara Terapung Damnoen Saduak

Aplikasi yang Bisa Membantu Pekerjaan Saat WFH

Aplikasi yang Bisa Membantu Pekerjaan Saat WFH! WFH (Work From Home) dijalani akhir-akhir ini oleh begitu banyak orang sebagai dampak dari pandemi. Tak hanya  di Indonesia saja, di hampir penjuru dunia banyak yang melakoninya. Hal ini didasari aturan/himbauan dari pengambilan kebijakan untuk #diamdirumah guna mengantisipasi penyebaran virus corona. Nah, bagi sebagian orang bekerja dari rumah memang sudah menjadi hal yang biasa. Tapi ada juga orang yang belum terbiasa melakukan pekerjaannya dari rumah. Apalagi yag pekerjaannyamembutuhkan pergi ke suatu tempat atau mesti bertemu secara tatap muka. Sementara kini harus melakukan komunikasi jarak jauh dan melakukan pekerjaan dengan bantuan teknologi digital yang tersedia. Tapi tak perlu khawatir ada beberapa aplikasi yang bisa menunjang pekerjaan kita saat Work From Home ini, yakni:


aplikasi yang membantu WFH

Hindari Corona! Ini Kegiatan Seru Bersama Keluarga!

Hindari corona! Ini kegiatan seru bersama keluarga! Hari ketiga puasa Ramadan di tengah badai pandemi corona yang entah kapan berakhirnya. Jujur, diri ini mulai galau. Sudah enam pekan bersama anak yang sekolah di rumah dan suami yang bekerja dari rumah membuat kewarasan saya makin kacau. Saya hanya keluar rumah seminggu sekali untuk beli itu ini di dekat sini. Sementara untuk belanja kebutuhan, saat kehabisan, suami yang jalan. Berempat penuh drama ketika di rumah saja, dengan situasi mengkhawatirkan di luar sana yang terpantau dari media, sungguh membuat tingkat stres diri meninggi. Tapi, begitu diam sejenak dan merenung banyak-banyak, apa yang saya rasakan masih jauh lebih baik dari kondisi banyak orang saat ini, yang kehilangan keluarga, pekerjaan bahkan harapan. Sungguh tak pantas kiranya jika saya mengeluh tanpa berbuat sesuatu yang bisa membuat orang lain ringan bebannya. Terlebih momen Ramadan ini bisa jadi pengingat diri untuk lebih peduli pada sesama yang terdampak pandemi.

Lalu apa saja yang saya lakukan untuk menepis segala kegalauan hati dan kembali bersemangat menjalani hari?


rapid test virus corona


Tips Betah Saat #diamdirumah


Temaaan, bagi sebagian orang, #diamdirumah saja adalah hal yang membosankan. Karena pada faktanya beraktifitas di luar rumah memang selalu menyenangkan. Tapi untuk situasi seperti sekarang ini #diamdirumah adalah pilihan yang tepat guna memutus rantai penyebaran virus COVID-19 yang belum bisa diprediksi kapan tuntas. Nah, biar enggak bosan berikut beberapa tips yang bisa teman-teman lakukan agar bisa betah di rumah. Yuk, mari....!

tips betah saat #diamdirumah

Bagaimana Melaksanakan Imunisasi dalam Masa Pandemi COVID-19 Ini?


Situasi pandemi COVID-19 yang semakin meluas menimbulkan risiko terjadi dampak yang luar biasa pada seluruh sendi kehidupan termasuk terganggunya jadwal pemberian imunisasi untuk melindungi anak dari berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Saat ini masyarakat, penyelenggara fasilitas kesehatan, dan dokter spesialis anak mengalami berbagai kebingungan dalam melaksanakan pelayanan imunisasi pada anak. Untuk itu Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memandang perlu untuk melaksanakan edukasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran semua pihak untuk tetap berupaya agar imunisasi lengkap sesuai usia dapat tetap diberikan.

 
webinar Pekan Imunisasi Dunia 2020

Jenis-jenis Masker untuk Mencegah Virus COVID-19


Siapa sangka ternyata kehadiran virus corona alias COVID-19 ini bisa mendongkrak produksi dan penjualan semua jenis masker kesehatan. Kini masker menjadi barang yang paling dicari penduduk bumi untuk dijadikan alat pelindung diri. Padahal kalau kita menoleh ke belakang lagi, pada tahun-tahun sebelumnya, masker-masker  tersebut kebanyakan  cuma ngendon cantik doang di toko alat kesehatan atau apotik. Kalau sekarang mah sulit kalau mencari masker (medis) di toko atau apotik. Kalaupau ada harganya sudah dibandrol selangit. Hiks!

jenis-jenis masker medis

Manfaat Penting Penerapan Sosial Distancing


Ditengah mewabahnya virus COVID-19 ini, saya yakin teman-teman pasti sudah sering mendengar istilah Social Distancing dan Physical Distancing. Lantas apa sih makna dan tujuannya? Terus apa pula manfaat dari penerapan sosial distancing dan physical distancing bagi kita? Kuy, simak artikel ini...:


manfaat social distancing

7 Tindakan Preventif Penting Agar Kita Terhindar dari Virus COVID-19



Sudah menjadi rahasia umum kalau penularan virus COVID -19 atau Corona menggunakan trik ‘Kutu Loncat‘ dengan menunggangi  media  tetesan atau percikan sebagai kendaraannya, lalu hidupnya berpindah dari satu orang ke orang lainnya. (Oalah, virus zaman now kok gini amat yah.......!!) Parahnya, kita manusia awam, enggak tahu mana  saja tetesan atau percikan yang mengandung  Virus COVID-19 ini. Lha wong COVID-19-nya  saja berbodi  nan super cilik. Jadi mana bisa kita melihat secara live virus corona yang sudah bergentayangan di berbagai negara penjuru dunia.


www.dianrestuagustina.com

Megengan



Kangen pulang ke Kediri. Kangen Ibuk, Bapak, semua..! Kangen tradisi sebelum bulan puasa tiba. Kangen juga sowan ke Madiun pada Ibu Mertua dan nyekar ke makam Bapak Mertua. Kangen megengan, tradisi menyambut kedatangan bulan suci Ramadan dengan berbagi makanan pada sanak saudara dan tetangga. Biasanya yang wajib ada adalah kue apem dan pisang raja. Apem melambangkan permohonan maaf sebagai wujud pembersihan diri sebelum bersiap menjalani ibadah suci. Sedangkan pisang raja, yang jika disatukan dengan kue apem, laksana payung sebagai perlambang akan perlindungan dari segala halangan dan rintangan saat menjalankan ibadah Ramadan.

Nah, Megengan, sebuah cerpen lama saya buat tombo kangen yang meraja lantaran tak mungkin pulang gegara pandemi corona!


www.dianrestuagustina.com

Dampak Positif Pandemi COVID-19 Bagi Umat Manusia: Meningkatnya Kepedulian Pada Sesama



Pandemi COVID-19 saat ini menjadi ancaman bagi umat manusia. Seluruh dunia mengalami kepanikan dan ketakutan. Korban jiwa dari seluruh penjuru dunia sudah mencapai ratusan ribu jiwa. Korban jiwa di indonesia sendiri sudah mencapai angka 500 lebih nyawa, hampir menuju angka 600 jiwa. Berbagai sektor pun terkena dampaknya. Misalnya: sektor industri, ekonomi, pariwisata, manufaktur, sosial, transportasi .....semua ikut terkena dampaknya.


Cara Peduli Saat Pandemi


Review Buku: Aksi Lima Sahabat Ramadhan untuk Bumi

Review Buku: Aksi Lima Sahabat Ramadhan untuk Bumi...............Ketika Ramadhan tiba dengan cepatnya, sementara kita masih dalam masa pandemi corona, akankah kita berdiam tanpa melakukan kegiatan atau berlaku inspiratif serta menebar kebaikan? Nah, sebuah buku bisa membantu orangtua untuk memanfaatkan waktu bersama putra-putri tercinta karena sarat nilai moral juga bertabur wawasan keilmuan yang Islami. Adalah Buku Aksi Lima Sahabat Ramadhan untuk Bumi, yang berisi: 10 cerita edukatif bernuansa Islami, 20 aktivitas seru, 20 fakta Islam dan hidup minim sampah yang merupakan karya Ibu-ibu hebat dari Rumah Belajar Menulis (RBM) Ibu Profesional Jakarta.


Buku Aksi Lima Sahabat Ramadhan untuk Bumi



Dampak Negatif Pandemi COVID-19 Terhadap Kehidupan Sehari-hari


COVID-19 atau  coronavirus disease 2019 yang lebih ternama sebagai Virus Corona, saat ini menjadi pusat perhatian seluruh dunia. Bagaimana tidak, baru beberapa bulan kemunculannya, wabah ini bisa membuat panik seluruh dunia. Efek yang ditimbulkan juga beraneka. Dan yang paling terasa dampaknya adalah perekonomian yang ikut menurun dan menghantam kehidupan banyak pihak.


dampak COVID-19

Tentang COVID-19 yang Bikin Seluruh Dunia Cemas


"Per 20 April 2020, jumlah terpapar COVID-19 di Indonesia terdata: 6760 Positif, 747 Sembuh dan 590 Meninggal." Demikian berita yang saya baca di timeline media sosial yang berasal dari akun resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jumlah yang bisa jadi tak banyak dibandingkan jumlah penduduk Indonesia yang saat ini sekitar 267 juta jiwa, "hanya" 0,002% saja. Itu jika kita melihat dari jumlah angkanya saja. Tapi, jika kita mengingat bahwa itu adalah nyawa manusia, yang adalah seorang ayah atau ibu, istri atau suami, anak, kakek, nenek, cucu...sesama, yang telah menjadi korban dari virus ganas yang kini mengancam manusia di muka bumi, kita hadrusnya sadar dan peduli. Ya, kepedulian kita dibutuhkan untuk ikut serta menekan bertambahnya jumlah korban dengan mengikuti segala himbauan yang disampaikan oleh pengambil kebijakan. Hingga ke depan, COVID-19 akan segera tuntas!!


Apa Itu COVID-19

Tips Menjaga Kebersihan Dinding Rumah

Tips Menjaga Kebersihan Dinding Rumah. Apa ya? Eh halo hola teman-teman! Masih semangat #dirumahaja kan, teman-teman? Demi menghindari penyebaran virus corona dan untuk keselamatan bersama, mari kita patuhi himbauan untuk tetap di rumah saja, terutama bagi wilayah yang sudah ada ketentuannya. Oh ya, biar enggak bosan, ada banyak kegiatan lho yang bisa kita lakukan selama di rumah saja. Termasuk diantaranya bersih-bersih rumah, agar hunian makin nyaman dan bikin betah. Apalagi menjaga kebersihan lingkungan termasuk salah satu cara untuk memelihara kesehatan. Pasti mau dong kalau tubuhnya sehat sehingga bakal kuat menghadapi paparan virus dan bakteri? Nah, karena itulah menjaga kebersihan lingkungan wajib hukumnya agar kita sehat senantiasa, termasuk juga menjaga kebersihan dinding rumah kita. 


Cat Anti Bakteri
sumber gambar: website Avian Brands

Jarik Gendong


Brrrrr…!! Angin menerpaku saat membuka pintu. Suhu dingin menyeruak masuk. Buru-buru kututup lagi. Kuurungkan niat mencari udara segar di halaman belakang. Kalau diteruskan, bukan segar lagi yang kudapati. Yang ada flu bakal mendera. Ini musim dingin pertama kali yang kualami di Metairie. Sebuah sub urban area dari kota New Orleans. Yang meski terletak di sisi Selatan benua Amerika, dan nyaris tak ada saljunya, tapi musim dinginnya bagiku sama saja. Sebagai orang yang lahir dan besar di daerah tropis, suhu pada kisaran 7-17 C, benar-benar sudah membuatku membeku. Hmmm, apalagi jika hidup di Antartika yang isinya es semua yaa… Bisa-bisa aku jadi es batu! Sambil senyum-senyum geli, kuhangatkan diri di ruang dalam yang dilengkapi pemanas ruangan. 


Jarik Gendong

Rekomendasi Kegiatan #DiRumahAja yang Cocok Saat Physical Distancing Bareng Keluarga

Rekomendasi Kegiatan #DiRumahAja yang Cocok Saat Physical Distancing Bareng Keluarga! Temaaan, mewabahnya COVID-19 di Indonesia sampai saat ini masih belum terlihat ujungnya. Setiap hari masih saja ditemukan kasus baru di berbagai daerah. Untuk memutus rantai penularan virus, seluruh lapisan masyarakat wajib menerapkan physical distancing sesuai aturan pengambil kebijakan masing-masing disesuaikan situasi dan kondisi. Seperti DKI Jakarta yang sudah sepekan lebih melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang disusul beberapa wilayah lain.


#dirumahaja
Saya pergi sesekali sendiri beli bahan makanan, gantian sama suami, anak-anak full di rumah

Resep Matcha Cake


Jadi ceritanya, anak sulung saya itu punya selera makan yang tak biasa. Maksudnya, dia pemakan segala meski bukan yang terus-terusan makannya. Dia tipe yang mau mencoba menu baru, meski itu aneh penampakannya dan belum pernah sama sekali dimakannya. Mungkin ini efek positif karena dia sejak kecil sudah tinggal dan pergi ke beberapa daerah yang berbeda ya...Jadinya ya gitu, lidahnya gampang sekali mau jenis makanan baru. Bagusnya, kalau pergi-pergi saya enggak perlu repot untuk harus menyediakan makanan sesuai seleranya, karena dia biasanya akan mau makan apa saja yang ada di hadapannya. Ini berbeda dengan adiknya yang sedikit picky, yang belum tentu mau menu itu ini, yang membuat saya mesti ingat apa yang dia suka dan apa yang bakalan dilewatkan jika ada. 


Resep Matcha Cake

Sarapan dengan Bubur? Ini Dia Resepnya!

Buibuuu, yang sedang sibuk masak berkali-kali, lantaran orang serumah #dirumahaja di masa pandemi ini, sudah kehabisan ide menu belum? Kalau saya jujurly mulai pusing ini hihihi. Mau masak apalagi ya enaknya? Terutama buat sarapan. Bukan apa-apa sih ya, kalau sebelumnya saat suami ngantor dan anak-anak sekolah, menu sarapan biasanya berat, nasi dan teman-temannya. Atau kalau anak-anak lagi mau yang simpel, sarapannya roti atau sereal. Untuk siang, anak-anak makan bekal yang saya bawakan dari rumah (si Sulung bekal dan uang jajan karena dia pulangnya sore). Sementara suami, beli maksi di kantor. Kemudian di malam hari saya biasa masak lagi. Jadi masaknya 2 kali sehari. 

Lha, kini sikonnya, 3 kali masak jadinya. Dan itu bikin rieweuh juga mikirnya. Kalau mau sih, masak sekali aja buat pagi, siang dan malam, menu yang sama. Tapi kok ya enggak tega lihatnya, mosok seharian makan menu yang sama. Tapi kalau diikuti masak melulu, enggak sanggup juga saya tuuuuuh huhuhu. Masalahnya kerjaan lain sudah menunggu! Nah akhirnya, kadang saya bikin gini aja, pagi sarapan menu yang berbeda, siang dan malam baru masak sekali, yang berat menunya tapi. Dan, pilihan saya buat sarapan adalah: aneka bubur berikut ini! 


Resep Bubur Sumsum

Punya Luka? Jangan Lupa, Bersihkan, Lindungi dan Sembuhkan!

Berbagai mitos tentang luka ada di masyarakat kita. Ada yang bilang, kalau terluka olesi air ludah saja, kasih tumbukan daun sirih biar enggak perih, biarkan saja terbuka biar cepat keringnya...dan masih banyak yang lainnya. Lalu sebenarnya yang benar yang mana? Duh, bingung saya....! Hingga saya mendapatkan pencerahan dari dokter Adisaputra Ramadhinara, dokter spesialis luka satu-satunya di Indonesia tentang bagaimana cara perawatan luka sehingga infeksi bakal pergi dan luka akan pulih segera, di acara Woundcare Talk - Blogger Gathering bersama Hansaplast x Halodoc, Rabu 11 Maret 2020 yang lalu.

Iya, Dokter Adisaputra, peraih rekor MURI sebagai dokter luka pertama di Indonesia yang bisa membantu menyembuhkan aneka luka, kecuali luka hati tentunya! 😁


Hansaplast Aqua Protect

Bersama NIVEA Hijab #YakinMelangkah Menggapai Mimpi


Halohola, teman-teman masih setia #dirumahaja kan yaa? Meski sudah mulai bosan tapi yuk sisihkan! Karena kita mesti patuhi himbauan pengambil kebijakan agar tetap di rumah kecuali ada kepentingan. Yess, demi mengurangi penyebaran virus Corona, mari kita tetap semangat untuk di rumah saja demi keselamatan bersama!!


NIVEA Hijab Series

Benteng Marlborough - Saksi Bisu Peninggalan Inggris di Bengkulu


"Sudah ada sepasang yang meninggal di sini. Jatuh, langsung terjun bebas ke bawah. Yang perempuan duluan, kapan hari ada lagi, laki-laki. Keduanya meninggal di tempat. Sekarang sudah berjodoh mungkin!"

Begitu di sampaikan Bapak Pemandu dengan meyakinkan. Sementara saya mendengarkan sambil agak merinding meski itu siang-siang. Langsung mata saya tertuju ke bawah sana. Memang curam sih dinding bentengnya. Jika posisi kita berdiri di atas atap dan tidak hati-hati memang bisa bikin kita terpeleset jatuh ke parit di bawah sana nanti. Dan, karena ketinggiannya, tak heran korban langsung meninggal seketika. Hiks, membayangkannya saja, ngeri saya!


Benteng Marlborough

Saya dan Puisi


Jauh sebelum mengenal blog, saya terlebih dulu menulis fiksi, khususnya cerpen dan puisi. Enggak pernah belajar secara serius sih, hanya corat-coret mengikuti kata hati yang lagi pedih #eaaa. 

Nah, berhubung di tengah kegabutan saat buka-buka file lama nemu beberapa, saya pindahin ke blog saja cerpen dan puisinya. Sehingga tersimpan dan sewaktu-waktu mau dibaca tinggal buka.

So, enjoy it!!

Saya dan Puisi

Menggapai Asa


Kulirik arlojiku, jam 11 kurang 10 menit. Aku masih sibuk dengan notebook-ku sembari menunggu. Siang itu aku ada janji dengan seorang training consultant sebuah perusahaan pengembangan SDM. Jaringan restoran ternama tempatku bekerja, akan meminta bantuan mereka mengadakan pelatihan kualitas pelayanan untuk karyawan kami, mulai dari garda depan sampai manajemen puncak. Dan, perusahaan menunjukku menjadi penanggung jawab proyek ini.


Menggapai Asa

Olahraga yang Bisa Dilakukan Bareng Anak

Selagi #DiRumahAja, Ini Olahraga yang Bisa Dilakukan Bareng Anak! Ya, sejak kasus Corona Virus atau COVID-19 pertama kali ditemukan di Indonesia, pemerintah melakukan himbauan untuk menerapkan hidup sehat dan bersih pada masyarakat. Nyatanya, itu saja tidak cukup. Kasus terus bertambah secara masif setiap harinya. Sehingga untuk menanggulangi penyebaran virus yang semakin menjadi-jadi, pemerintah memberlakukan social distancing dengan sebuah himbauan untuk #DiRumahAja. Segala kegiatan di luar rumah seperti belajar dan bekerja mulai dilakukan dari rumah. Beberapa tempat umum seperti taman, tempat olahraga, pusat perbelanjaan juga ditutup sementara. Tentu saja hal itu perlu dipatuhi untuk memutus rantai penularan virus ini. Bahkan di beberapa wilayah termasuk DKI Jakarta telah diberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar)


Olahraga saat #dirumahaja

Tingkatkan Kecerdasan, Ini Alat Musik yang Bisa Diulik

Tingkatkan Kecerdasan, Ini Alat Musik yang Bisa Diulik! Ya, ttidak hanya menyenangkan, bermain alat musik bagi anak juga terbukti dapat meningkatkan kecerdasan. Selain itu, belajar musik juga dapat membuat anak lebih aktif. Dilansir dari The Guardian, Prof. Susan Hallam dari Institute of Education - University of London menyebutkan hasil penelitian mengenai manfaat musik bagi anak-anak. Dijelaskan dalam penelitian bertajuk 'Music Psychology in Education' ini bahwa belajar memainkan instrumen musik dapat menunjang perkembangan sisi kiri otak anak. Sehingga membuat anak yang terlatih secara musikal dapat mengingat hampir seperlima informasi lebih banyak daripada yang tidak. Tak hanya itu, sebuah studi juga menyebutkan bahwa pembelajaran instrumen musik berkala dari waktu ke waktu dapat meningkatkan IQ anak pada skala tujuh poin. Sehingga penting kiranya memberikan beraneka pelajaran musik yang dapat memicu kecerdasan anak sejak dini. 


Musik Tingkatkan Kecerdasan Anak


Review Starli Hotel Bukittinggi

Review Starli Hotel Bukittinggi! Saat traveling bersama keluarga, saya lebih menyukai penginapan yang menyediakan family room atau kamar untuk keluarga. Pasalnya, tipe kamar ini sesuai dengan keluarga kecil saya, bisa muat untuk 4 orang. Luasannya membuat kami berempat tidak empet-empetan. Juga bisa ngumpul jadi satu yang bikin segala urusan jadi gampang. Berbeda jika di hotel itu tak ada family room. Kami terpaksa menyewa 2 kamar tipe standar karena anak-anak saya memang sudah besar. Jadinya, saya sekamar sama si Sulung dan si Bungsu sekamar dengan Bapaknya. Barang bawaan pun akhirnya ditempatkan di satu kamar yang membuat penghuni kamar lainnya harus wira-wiri untuk mengambilnya. Lebih ribet jadinya!


Starli Hotel Bukittinggi

Inilah Keuntungan yang Akan Didapatkan Jika Anda Menggunakan Data Center untuk Perusahaan

Apa keuntungan yang akan didapatkan jika Anda menggunakan data center untuk perusahaan? 
Teman-teman, tahu enggak sih jika menggunakan data center itu untuk perusahaan akan menghasilkan banyak keuntungan? Tapi, sebelum kita melakukan pembahasan mengenai keuntungan yang akan didapatkan ketika menggunakan data center, sepertinya penting bagi teman-teman mengetahui apa itu data center. Data center dalam kata lain pusat data merupakan sebuah fasilitas yang digunakan oleh perusahaan untuk menempatkan sistem komputer dan berbagai komponen atau perangkat pendukung lainnya. Sederhananya, data center merupakan proses penyimpanan semua data perusahaan menggunakan sistem komputerisasi.

Lalu apakah penting bagi perusahaan untuk menggunakan data center perusahaan terutama untuk mengembangkan perusahaan? 


data center

Tips Mencari Ide Konten Blog Anti Stuck

Tips Mencari Ide Konten Blog Anti Stuck! Temaaans, kehabisan ide dalam pembuatan konten merupakan hal yang lumrah dialami oleh para content creator. Khususnya buat yang ngeblog kayak saya yang seringkali mengalami stuck atau biasa disebut juga dengan writer’s block. Pikiran seolah-olah menjadi buntu, kumpulan ide mambatu bahkan untuk menuangkan sebaris kalimat pun susaaahnya tuh...! Hiks!!


tips mencari ide konten blog

Furniture Kantor yang Sesuai Standar

Penerapan Social Distancing dengan Furniture Kantor yang Sesuai Standar. Well, pandemi virus corona atau Covid-19 yang mulai menyebar di seluruh penjuru dunia membuat pemerintah pusat di setiap negara mengeluarkan kebijakan untuk menekan angka penyebarannya. Selain penggunaan masker dan penerapan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), pemerintah juga menggalakkan social distancing untuk setiap warga. Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan semua warga dapat menerapkannya. Yang mana social distancing ini dilakukan dengan menjaga jarak minimal sejauh satu meter untuk satu orang ke yang lainnya.

Partisi Kantor

Tips Penting Saat Menukar Uang Asing

Tips Penting Saat Menukar Uang Asing! Yup, pernah tinggal di Amerika dan traveling ke beberapa negara, membuat saya punya pengalaman menukarkan uang asing. Memang, memiliki mata uang negara tujuan menjadi salah satu hal yang mesti disiapkan sebelum kita datang. Meski, sejak lama banyak negara sudah menerapkan sistem pembayaran cashless, juga berbagai hal bisa dipesan duluan, sehingga tak perlu uang kontan, uang tunai tetap diperlukan. Mengingat, di sana kita masih tetap harus bebelian yang mungkin saja meminta cash only untuk pembayaran.


Tips Penting Saat Menukar Uang Asing


Maka, dalam jumlah secukupnya kita mesti bawa uang tunai buat jaga-jaga. Tapi ingat, tak perlu banyak-banyak karena tiap negara memiliki aturan untuk jumlahnya. Selain itu juga untuk menghindarkan diri dari tindak kejahatan yang membayangi.

Nah, tentang uang asing ini enggak boleh juga kita tukarkan di sembarang tempat. Jangan karena nilai tukarnya yang bagus kita asal saja nukarnya. Periksa dulu apakah money changer itu berizin atau tidak. Pasalnya, money changer banyak digunakan untuk pencucian uang, narkotika, perjudian, terorisme dan hal buruk lainnya. Jadi teliti sebelum bertransaksi, itu penting sekali. Dan tak hanya itu, ada strategi tersendiri saat menukarkan uang asing ini agar pelesiran kita enggak merugi!


Tips menukar uang asing
Tips menukar uang asing

Tukarkan Uang Asing di Tempat Penukaran Resmi


Berdasarkan data Bank Indonesia, pada tahun 2017 tercatat ada 783 money changer atau Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA BB) yang terindikasi bisa melakukan pencucian uang hingga memberikan pendanaan untuk kegiatan terorisme. Fakta ini sungguh mengkhawatirkan sehingga sangat penting bagi pemerintah untuk dapat mengambil peran dalam APU PPT (Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme)

Maka, pada 2017, BI melakukan penguatan mengenai APU PPT ini bekerja sama dengan POLRI dan pemerintah dengan melakukan koordinasi untuk menertibkan money changer tidak berizin dan Penyelenggara Transfer Dana Bukan Bank (PTD BB) ilegal di penjuru negeri.

Melalui berbagai program, BI bermaksud melindungi masyarakat dari kegiatan pencucian uang dan pendanaan terorisme. Juga mengajak masyarakat lebih waspada dalam melakukan penukaran uang asing ini termasuk dengan hanya memilih tempat penukaran resmi.


Nah, hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menukarkan uang asing ini, yakni:

  • Berhati-hati dengan tidak bertransaksi di jasa KUPVA ilegal seperti penukaran mata uang di jalan. Karena kegiatan tidak berizin ini dapat dipakai untuk transaksi dana penyalahgunaan narkoba hingga tindak kejahatan pencucian uang.
  • Pilih jasa penukaran uang berizin untuk menghindarkan diri dari hal yang tidak diinginkan. Cirinya: KUPVA BB memiliki logo dan sertifikat dari Bank Indonesia yang biasanya ditempel di ruangan atau diletakkan di meja. 
  • Mengikuti aturan saat menukarkan uang: wajib memberikan identitas kepada tempat penukaran resmi ini saat bertransaksi. Yakni dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk memastikan alamat si penukar uang agar tidak disalahgunakan
  • Masyarakat juga diminta ikut serta dalam gerakan halau teroisme dengan berpartisipasi aktif dalam menjalankan prosedur APU PPT, melaporkan tempat penukaran uang ilegal kepada BI untuk mengurangi risiko Tindak Pidana Pendanaan Terorisme

penukaran uang asing
penertiban money changer ilegal (sumber: malangvoice.com)


penukaran uang asing
sumber: radarbogor.id


penukaran uang asing
sumber: bi.go.id


Tips Penting Saat Menukar Uang Asing

Memang, tak hanya riset mengenai berbagai destinasi di tempat tujuan, bikin itinerary perjalanan, persiapan outfit sesuai musim yang sedang berjalan, dan tentu paspor serta visa yang masih berlaku, menukarkan uang juga perlu! Selain tempat penukarannya harus yang resmi, tukar uang ini juga perlu strategi.

Beberapa hal yang mesti diperhatikan, yakni:

  • Perhatikan dengan cermat berapa uang tunai yang harus kita bawa agar liburan aman dan nyaman

FYI, setiap negara melakukan pengawasan terhadap aliran uang masuk dan keluar karena uang dianggap memiliki risiko dan berhubungan erat dengan kegiatan kejahatan. Maka, sebaiknya cari tahu juga berapa batasan uang tunai yang boleh dibawa. Misalnya, untuk negara-negara Uni Eropa, batasnya adalah 10 ribu Euro. 

Oh ya, meski kita enggak boleh bawa uang banyak, tapi jangan juga pas-pasan bawanya. Hitung saja kebutuhan selama perjalanan sehingga mudah bagi kita untuk menentukan jumlah uang yang akan ditukarkan. Pastikan mencukupi untuk biaya makan, transportasi, akomodasi, bela-beli, dan dana emergency.

Contohnya, saat saya sekeluarga ke Thailand tahun lalu. Pesawat, hotel, transport, makan pagi, makan siang sudah termasuk paket tur dan telah dibayarkan terlebih dulu. Tinggal makan malam yang belum ter-cover, biaya ngemil (jika lapar sebelum jam-nya), kuota, dana tak terduga dan budget belanja. Maka saya ngitungnya, misalnya: sekali makan 200 THB (100 ribu) x 4 orang = 800 THB. Sehingga 3 hari di Bangkok butuh 2400 THB = 1200000 IDR. Dan seterusnya tinggal rinci lagi biaya lainnya. Hingga di akhir kita dapatkan hasilya. Misalnya, tukar uangnya 10 juta rupiah saja, hingga bawa ke sana 20.000 Baht (1 baht/THB = 500 rupiah) 

  • Pilih tempat penukaran uang yang tepat

Kita bisa pilih tempat penukaran dengan terlebih dahulu menanyakan berapa nilai tukarnya, lewat telepon atau email. Setelahnya bisa kita pilih yang mana yang lebih menguntungkan bagi kita. Apalagi jika kita perlunya banyak, selisih nilai tukar ini tentu akan berarti. Misal, untuk Baht tadi, ada tempat yang memberi harga 1 Baht = 490 rupiah, 500 rupiah juga 510 rupiah. Yang paling anti rugi berarti yang nilai tukarnya 490 rupiah per 1 Baht. Karena dengan uang 10 juta juta kita akan mendapatkan 20.400 Baht. Sedangkan jika kursnya 500 rupiah, kita akan dapatkan 20.000 Baht, demikian juga jika kurs ada di 510 rupiah, uang kita hanya tertukar 19.600 Baht.

  • Tukarkan uang di saat yang tepat

Menukarkan uang di awal pekan bisa dijadikan pertimbangan mengingat kurs cenderung stabil apalagi di pagi hari. Selain itu, tukarkan uang jauh hari sebelum kita pergi, terutama jika pelesiran ketika musim liburan. Karena biasanya nilai kursnya akan meningkat sehingga merugikan kita, Kemudian, miliki strategi saat menukarkan uang ini. Misalnya, tukarkan Rupiah ke USD (US Dollar) dulu, lalu konversikan ke mata uang negara tujuan. Ini didasari beberapa mata uang asing memiliki selisih nilai tukar uang yang cukup tinggi terhadap Rupiah. Sehingga dengan menukarkan Rupiah ke USD baru ditukarkan ke Baht misalnya, kita akan memperoleh keuntungan yang lebih besar darinya.


Penukaran uang asing



Nah, bagaimana? Meski kita belum tahu kapan lagi bisa ke luar negeri sebab pandemi ini, tak ada salahnya menyimak informasi tadi. Semoga kondisi segera pulih lagi dan kita semua bisa beraktivitas secara normal kembali termasuk bepergian ke luar negeri, untuk berhaji, bekerja, mengunjungi sanak saudara atau traveling bersama keluarga.

Tetap sehat dan semangat #berkaryadarirumah saja. 
Semoga tips penting saat menukar uang asingnya bermanfaat ya..
See Ya!!💖


*updated 4 Sept 2020


Stay Healthy - Stay Safe 

Mengunjungi Royal Observatory - The Home of GMT

Mengunjungi Royal Observatory - The Home of GMT, yess... yang paling bikin happy saat traveling itu, jika di satu tempat yang kita kunjungi kita bisa berlama-lama menikmati tanpa diburu-buru waktu dan teman-teman seperjalanan bisa mengerti itu. Tapi seringkali kenyataanya berbeda, apalagi kalau dalam perjalanan itu terdiri dari banyak kepala yang punya keinginan berbeda. Hiks, akhirnya keinginan pribadi jadi mesti direvisi demi kepentingan bersama. 

Seperti saat saya mengunjungi Royal Observatory Greenwich, yang berlokasi satu area dengan The National Maritime Museum dan The Queen's House. Karena enggak semua orang suka mengunjungi tempat bersejarah dan museum macam ini, jadi ya gitu deh. Waktu banyak terbuang untuk tunggu-tungguan dan pepotoan. Hingga akhirnya tiba-tiba sudah waktunya pulang. Duh!

Tapi, memang itulah suka duka perjalanan dalam rombongan ya...Mau enggak mau kita mesti maklumi, meski dalam hati gondok setengah mati hihihi

Royal Observatory


About Greenwich


Greenwich, sebuah suburb di tenggara London. Adalah kawasan pelabuhan yang ternama pada Abad Pertengahan dan sebagai lokasi tempat garis bujur 0 derajat, atau garis imajiner yang membagi dunia menjadi belahan bujur barat dan timur, melintang. Garis ini kemudian menjadi patokan untuk menentukan waktu di berbagai belahan dunia hingga muncul istilah Greenwich Mean Time (GMT). Maka tak heran, Greenwich dijuluki sebagai “the home of time”.

The home of GMT ini berlokasi di Blackheath Avenue, Greenwich SE10 8XJ, Royal Observatory. Yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit berkendara dari London kota. Di mana begitu memasuki area akan kita temui, beberapa bangunan di lahan yang luasnyaaa..... 

Nah, karena tujuan awal memang mengunjungi Royal Observatory, maka saya dan rombongan langsung memasuki salah satu bangunannya, yakni National Maritime Museum. Saya kira, di sini bisa agak lama, ternyata hanya lewat saja karena Royal Observatory ada di bagian belakang bangunan ini. Meski begitu saya sempat foto-foto sebagian koleksi yang ada di bagian jalan yang saya lewati. 

Oh ya, museum ini diresmikan oleh King George VI untuk umum pada tanggal 27 April 1937 bersama putrinya Princess Elizabeth, yang nantinya bergelar Queen Elizabeth II, dalam suatu kunjungan kenegaraan di sepanjang sungai Thames dari London. Bangunan ini merupakan bagian dari gedung "Royal Observatory", dan Queen House (Rumah Ratu Inggris) pada abad ke-17. Adalah museum kemaritiman yang terbesar di Inggris Raya dan bahkan mungkin yang terbesar untuk museum yang sejenis, di dunia. 

Nah, museum ini didanai oleh Badan Non Departemen dari Departemen Kultural, Media dan Olahraga, sehingga berlaku free ticket bagi pengunjungnya. Pantas saja yang saya temui adalah rombongan pelajar dan gurunya, keluarga beserta anak usia sekolah, lansia dan wisatawan seperti saya. Dan, meski sekilas, saya menikmati sekali museum ini karena penyajiannya yang menarik, informatif dan kekinian.

Well, berkeliling di museum ini berarti menjelajahi kehidupan para pelaut Inggris, mulai dari pertempuran Trafalgar dan Perang Dunia I hingga karya seni Joseph Mallord William Turner, pelukis tersohor asal Inggris dari era Renaissance, yang terinspirasi dari laut serta penemuan baru dan kehebatan dari sisi engineering pasukan laut Inggris pada masa lampau. Beneran memukau!

Meski sangat menarik, sayang sekali, saya mesti lanjut melangkahkan kaki menuju Royal Observatory!


Royal Observatory

Royal Obsevatory Greenwich

Royal Obsevatory

Royal Obsevatory Greenwich

Royal Obsevatory Greenwich


Royal Obsevatory


Royal Obsevatory


Royal Obsevatory Greenwich


Royal Obsevatory


Royal Obsevatory Greenwich

Royal Observatory

Royal Observatory

Royal Obsevatory Greenwich


What is GMT?


Tapi, sebelum lebih jauh mengisahkan Royal Observatory, pasti diantara teman-teman ada yang sudah tahu tentang GMT!

Seperti saya lansir dari Wikipedia, GMT adalah rata-rata waktu matahari seperti yang dilihat dari Royal Greenwich Observatory, yang terletak di Greenwich, London, Inggris, yang melalui konvensi dikenal terletak di 0 derajat garis bujur. Secara teori, tengah hari GMT adalah saat di mana matahari melewati Meridian Greenwich (dan mencapai titik tertinggi di langit di Greenwich). Karena bumi memiliki kecepatan yang tidak teratur dalam orbit lonjongnya, kejadian ini (tengah hari di Greenwich) bisa 16 menit berbeda dari waktu Matahari nyata (apparent solar time). Oh ya perbedaan ini dikenal sebagai persamaan waktu. Namun tengah hari Greenwich ini diambil rata-ratanya sepanjang tahun, dengan menggunakan waktu Matahari. 

Nah, dengan berkembangnya Inggris Raya sebagai negara maritim, para pelaut mencocokkan jam mereka ke waktu GMT, untuk mengukur jauhnya lokasi bujur mereka dari "meridian Greenwich". Ini tidak memengaruhi jam di atas kapal sendiri, yang mana menggunakan waktu Matahari. Fenomena ini, digabungkan dengan pelaut-pelaut dari negara lain yang menggunakan metode Nevil Maskelyne untuk mengukur jarak bulan berdasarkan pengamatan di Greenwich yang akhirnya menuju penggunaan GMT sebagai referensi waktu di seluruh dunia. Walau tidak memengaruhi waktu di tempat, hampir semua zona waktu berdasarkan referensi ini dihitung sebagai beberapa jam (atau setengah jam) lebih cepat atau lebih lambat dari GMT ini.

Lalu, Indonesia berada di GMT berapa? 

Satu Zona Waktu Indonesia, adalah GMT +7, +8, +9. Ya, pemerintah menggunakan satu zona Waktu Indonesia (WI) yang dibagi dalam 3 zona, Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT) dengan alasan untuk meningkatkan produktivitas penduduknya.

Zona waktu Indonesia, berlaku sejak 1 Januari 1988 berdasarkan Keputusan Presiden No. 41 tahun 1987:

GMT+07:00 - Waktu Indonesia Barat (WIB): yang mencakup pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah
GMT+08:00 - Waktu Indonesia Tengah (WITA): yang mencakup Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara
GMT+09:00 - Waktu Indonesia Timur (WIT): yang mencakup Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat


Royal Observatory
sumber gambar: rmg.co.uk

Royal Obsevatory

Royal Obsevatory Greenwich

Royal Obsevatory Greenwich

Royal Obsevatory

Royal Obsevatory



About Royal Observatory - The Home of GMT


Well, back to the topic, setelah melewati bangunan National Maritime Museum, rombongan pun keluar melalui pintu belakang menuju ke arah Royal Observatory yang ternyata bangunannya bukan di belakangnya persis. Tapi ada di bagian tertinggi, serupa puncak bukit kecil yang mesti ditempuh dengan jalan kaki sejauh 500-an meter (atau lebih deh kayaknya), dengan kontur menanjak, pemirsahhh!

Syukurnya jalanan yang dilewati berupa lahan terbuka dengan pohon-pohon dan rerumputan yang hijau. Nampak bersih dan nyaman dengan aneka kursi taman. Banyak orang bersantai sedang duduk di rerumputan, jalan-jalan dengan hewan peliharaan atau khusyu dengan bacaan di pangkuan. Maklum pagi itu udara cerah dan matahari bersinar terang, jadi banyak warga yang pergi menikmati hari. Meski, teteup sejatinya suhu saat itu bikin semriwing juga. Kisaran 11-12 dercel, jadi terpaksa saya pakai jacket yang dari tadi ada di tas saya.

Nah, sembari jalan, memang asyik buat berhenti dan pepotoan seperti yang dilakukan teman-teman saya....Tapi, jadinya ya enggak sampai-sampai ke tujuannya haha. Dan, setelah beberapa waktu berjuang karena kontur menanjak bangunan, sampailah juga saya di Royal Observatory dan terkagum-kagum dengan pemandangan indah di sekitar. Dimana dari tempat saya berdiri terhampar pemandangan sebagian kota Greenwich dengan bangunan megah bersejarah yang indah dan hijaunya Greenwich Park yang luasnya sekitar 74 hektar. 

Sementara, Royal Observatory Greenwich ini memiliki fakta, diantaranya:

  1. Didirikan pada 1670-an oleh Raja Charles II untuk mengembangkan sistem navigasi laut yang lebih baik. 
  2. Greenwich telah ditandai pada 0 ° Bujur sejak 1884 dengan pelafalan yang benar adalah  ‘gren-itch’, bukan ‘grin-wich’,
  3. Adanya Flamsteed House yang dirancang oleh Sir Christopher Wren berupa bangunan bata merah yang mencolok dan dirancang sebagai rumah bagi Astronomer kerjaan
  4. Memiliki bola waktu Greenwich, yang terletak di atas Flamsteed House pertama kali digunakan pada tahun 1833 oleh kapten kapal buat mengatur kronometer mereka secara akurat sebelum berlayar. Bola ini terus jatuh pada pukul 13.00 setiap hari.
  5. Merupakan tujuan yang sempurna bagi para astronom dari segala usia yang ingin belajar tentang sejarah dan masa depan ilmu antariksa.

Royal Observatory
sumber: royalpark.org.uk


Royal Obsevatory

Royal Obsevatory Greenwich

Royal Obsevatory Greenwich

Royal Obsevatory Greenwich

Royal Obsevatory

Royal Obsevatory


Royal Obsevatory




Things To Do in Royal Observatory Greenwich


Akhirnya dengan penuh perjuangan dan napas tersengal (#lebay) saya dan rombongan pun mencapai gerbang Royal Observatory Greenwich. Nama tempat ini disebutkan dalam tulisan di atas sebuah jam analog berwarna putih yang menempel pada tiang berlapis bata merah. Di samping tiang itu, ada pagar  besi yang membatasi area luar dan bagian dalam Royal Observatory. Dari balik pagar terlihat para pengunjung asyik memotret ke arah bawah. Ya, mereka memotret dua lempeng baja yang membentuk garis lurus dengan nama kota-kota di dunia dan letaknya dalam garis bujurnya. Pantas saja saya melihat antrian di sana....

Kemudian tak membuang waktu, rombongan terus masuk ke dalam menuju area resepsionis untuk membeli tiket. Di sini saya sempat ditegur petugas yang ada karena mengambil gambar. Baru saya perhatikan, memang ada gambar kamera yang disilang, artinya tidak diperkenankan pepotoan. Oh ya untuk aturan seperti ini wajib kita perhatkan dan taati, karena di banyak tempat wisata di Inggris Raya ada ketentuannya. (seperti saat saya mengunjungi Windsor Castle, dimana tidak diperbolehkan mengambil gambar di dalam area castle-nya)

Setelah tiket dibeli (saya kurang tahu berapa harganya karena yang membeli adalah PIC rombongan juga karena enggak semua teman mau ikutan masuk ke dalam). Maka yang kepo masuk - termasuk saya - dan sudah punya tiket pun diperkenankan langsung ke area dalam.

Oh ya, di Royal Observatory ini tidak semua area berbayar. Ada area yang digratiskan. Jadi boleh pilih mau sampai ke area dalam atau enggak. Tapi, sudah jauh-jauh ke sini menurut saya mending beli tiket masuk saja. Saya baca di brosurnya sih tiketnya mulai dari 8 Pounds (150 ribuan) dan ada tambahan biaya jika ingin menyaksikan pertunjukan di planetariumnya. 


Lalu, kita bisa ngapain saja di Royal Observatory ini?

Royal Observatory menyediakan sarana belajar juga ada game-game interaktif terkait astronomi. Juga disajikan benda-benda angkasa luar seperti meteorit yang pernah jatuh di Inggris Raya dan beberapa negara lainnya dalam bongkahan kecil-kecil. Beberapa kabar tentang alien yang ditempatkan di ruangan tersendiri. Berbagai informasi tentang planet dan anggota tata surya. Sejarah astronomi dunia beserta peralatan yang digunakan para astronomer-nya. Juga mengulas tokoh-tokoh astronomi dengan segala sumbangsihnya di bidang ini.

Tak hanya itu, di observatorium ini juga ada museum dan rumah para astronomer kerajaan. Kita bisa melihat bagaimana mereka bekerja pada zaman dahulu, termasuk astronomer Edmond Halley yang namanya diabadikan menjadi nama komet Halley. Selain itu, observatorium juga dilengkapi dengan teropong-teropong raksasa yang masih bisa digunakan sampai sekarang.

Tak lupa, selain menikmati koleksi obsevatorium, coba juga berdiri dengan kaki di setiap belahan bumi. Dimana ada dua lempeng baja yang membentuk garis lurus dengan nama kota-kota di dunia dan letaknya dalam garis bujur. Ini membuat kedua kaki kita berada di dua belahan bumi yang berbeda. Sebab, di Greenwich, garis bujur 0 derajat yang membelah bumi menjadi bagian barat dan timur benar-benar dibuat. Hanya dengan satu langkah saja, kita sudah ada di tempat dengan waktu yang berbeda.


Royal Observatory
sumber gambar: wikipedia


Royal Observatory

Royal Observatory

Royal Obsevatory Greenwich

Royal Obsevatory

Royal Obsevatory Greenwich

Royal Obsevatory

Royal Obsevatory

Royal Obsevatory

Royal Obsevatory



Tips While Visiting Royal Observatory Greenwich


Well, karena waktu, saya tidak berkesempatan mengeksplor semua yang ditampilkan di Royal Observatory. Tapi, saya cukup puas bisa mengunjungi. Dan berniat jika ada rejeki, kembali untuk mengajak anak-anak nanti. (Aamiin)

Nah sedikit tips buat teman-teman yang akan mengunjungi Royal Observatory Greenwich ini, yakni:

  • Beli tiket Royal Observatory Greenwich secara online (website resminya rmg.co.uk) dan pertimbangkan untuk mendapatkan salah satu opsi paket untuk menghemat budget
  • Pakai baju dan alas kaki yang nyaman, sesuaikan musimnya dan hindari high heel ya..karena bakal jalan mendaki kita!
  • Panduan audio (audio guide) sudah termasuk dengan tiket masuk, ambil saja di halaman tepat di luar lobi tiket. Oh ya, saya enggak ambil, karena ingin fokus membaca infonya saja.
  • Beruntungnya kita jika tiba di sini saat penurunan waktu bola Greenwich pada jam 1 siang GMT.
  • Jika masih punya waktu, kunjungi juga Cutty Sark di area yang sama. Di mana keterangan yang saya baca di brosurnya:"Naiki Cutty Sark di Greenwich, yang terakhir bertahan hidup di dunia dan dibangun pada akhir zaman keemasan berlayar. Temukan bagaimana rasanya hidup di kapal abad ke-19, cari tahu bagaimana pelaut membawa teh dari Cina, dan berjalan di bawah lambung kapal yang menjadikannya salah satu kapal tercepat di masanya."
  • Juga singgahi Queen's House, karena semuanya berada dalam jarak berjalan kaki satu sama lain, sehingga kita dapat dengan mudah mengunjungi ketiga situs dalam satu hari. 
  • Jika kita ingin melakukan riset sebelum mengunjungi, di brosur disebutkan bisa memeriksa podcast Visit Greenwich untuk informasi lebih lanjut tentang beberapa atraksi dan landmark paling menarik di daerah ini.
  • Jika masih ada jeda, berhentilah di Taman Kerajaan tertua di London, Taman Greenwich, untuk pemandangan Sungai Thames dan Kota London yang menakjubkan. 
  • Periksa kalender acara di website resminya karena ada peristiwa khusus dan rutin yang diadakan di Royal Observatory Greenwich. Dan jika ingin menyaksikan program khusus ini, pastikan untuk memesannya terlebih dahulu. Pasalnya sebagian besar tiket acara bisa terjual habis di muka, sehingga sulit untuk mendapatkan tiket hariannya.
  • Tibalah lebih awal saat belum ramai orang. Observatory dibuka pada pukul 10 pagi dan tutup pada pukul 5 sore.
  • Mampir di dua kafe dan dua toko suvenir di Royal Observatory Greenwich, jika merasa lapar atau butuh istirahat atau bebelian oleh-oleh. Ini juga adalah tempat yang tepat untuk berhenti dan mengagumi patung Yuri Gagarin yang ada di sini.
Royal Observatory

Royal Observatory


Royal Obsevatory Greenwich

Royal Obsevatory

Royal Obsevatory

Royal Obsevatory Greenwich

Royal Obsevatory

Royal Obsevatory Greenwich

Royal Obsevatory Greenwich

See, Royal Observatory Greenwich, sebuah tujuan yang sempurna bagi para astronom dari segala usia yang ingin belajar tentang sejarah dan masa depan ilmu antariksa. Juga menjadi destinasi yang tepat bagi wisatawan yang ingin menambah wawasan pun mengagumi kebesaran Tuhan. Karena dengan menyaksikan semua benda antariksa dan segala hal yang terkait dengannya membuat kita merasa bukanlah siapa-siapa. Bumi sedemikian kecil di alam semesta, apalagi kita! Maka tak pantas kiranya kesombongan kita pelihara, karena kita hanyalah makhluk yang tak berdaya.


Well, tetap sehat dan terus semangat #berkaryadarirumah ya...!
Stay Healthy - Stay Safe - Stay Home!


signature-fonts